Mistikus Cinta

0
Syeikh Yusuf al-Makassar
Jalur Keturunan.
Beliau adalah seorang sufi yang namanya waktu kecil dan besar tidak sama. Kalau waktu kecil beliau mempunyai nama Muhammad Yusuf Al Maqassari, tetapi setelah berusia tua beliau lebih dikenal dengan nama Syekh Yusuf Abui Mahasin Tajul Khalwati Hadiyatullah Al Maqassari. Beliau dilahirkan pada tahun 1036 H. di Makasar Ujung Pandang. Dan dari kota kelahiran itulah kemudian beliau di kenal dengan nama Al Maqassari.

Kehidupan Muhammad Yusuf.
Muhammad Yusuf dilahirkan di tengah-tengah keluarga kerajaan Goa yang menganut agama islam, dan dari lingkungan keluarga yang taat menjalankan perintah agama itulah sehingga sejak kecil beliau sudah mengenyam dasar-dasar pendidikan agama dari orang tuanya. Disamping beliau banyak menerima pelajaran dari kedua orang tuanya, beliau juga belajar kepada ulama-ulama lain yang terkenal, seperti :

  1. Belajar membaca Al Qur’an kepada Daeng Ri Tasammang.
  2. Belajar Bahasa Arab, Fiqh, Tauhid dan Tasawuf kepada Sayyid Ha Alwi bin Abdullah.
  3. Belajar kepada Jalaluddin Al Aidid.
Disamping beliau belajar kepada ulama-ulama tersebut beliau juga melakukan pengembaraan untuk memperluas dan memperdalam ilmu yang dimiliki, diantara daerah dan Negara-negara yang dikunjungi oleh Muhammad Yusuf adalah :

  1. Di Banten beliau menjalin persahabatan dengan kalangan kerajaan antara lain dengan Abdul Fatah kemudian dengan Sultan Ageng Tirtayasa.
  2. Beliau meneruskan perjalanannya ke Aceh dan bertemu dengan ulama besar yang bernama Al Raniri.
  3. Beliau meneruskan perjalanannya ke Yaman dan belajar kepada Paman Ulama terkenal seperti Syekh Muhammad bin Abdul Baqi Al Naqsyabandi, Sayyid Al Al Zabidi dan Muhammad bin Al Wajih, Al Sa’id Al Yamani.
  4. Beliau melanjutkan perjalanannya ke Hijaz (Mekkah dan Madinah) untuk menunaikan ibadah Haji dan menziarahi makam Rasulullah dan para sahabat. Dan di kota ini pula beliau memperdalam ilmu keislaman yang sudah lama diidam-idamkan kepada para ulama terkenal seperti Syekh Ahmad Hasan Al Ajami, Muhammad Al Mazru’ Al Madani, Abdul Karim Al Lahuri, dan Muhammad Muray Al Syamsi.
  5. Setelah beliau merasa cukup dengan ilmu-ilmu yang di dapat di Mekkah dan Madinah lalu beliau melanjutkan perjalanan ke Damaskus. Dan di kota ini beliau memperdalam ajaran tasawufnya kepada Syekh Ayub bin Ahmad bin Ayyub Al Dimasyqi Al Khalwati.

Setelah beliau memperdalam ilmunya dan memperluas wawasan keilmuannya, dengan mengunjungi berbagai negara islam lalu beliau pulang lagi ke Indonesia. Dan di tanah kelahirannya inilah beliau mengamalkan ilmunya sambil menulis karya-karyanya. Dan ketika, terjadi peperangan antara Banten dan Belanda beliau ikut membantu sampai beliau ditangkap oleh tentara Belanda dan diasingkan ke Srilangka dan di tahan di Ceylon.

Kehidupan yang dialami oleh Muhammad Yusuf di dalam penjara ini tidak membuat dirinya tidak bisa mengamalkan ilmunya, malah di dalam penjara ini beliau sempatkan untuk memberikan pengajian kepada rekan-rekannya dan menulis. Ternyata kegiatan yang beliau lakukan di dalam tahanan ini banyak menarik perhatian masyarakat sekitarnya. Setelah beberapa tahun tinggal di tahanan Ceylon, beliau dipindahkan ke Tanjung Harapan Afrika Selatan, dan ditempat yang baru ini beliau juga mengamalkan ilmunya dan juga meneruskan kegiatannya, menulis karya-karyanya. Dan di kota Tanjung Harapan ini beliau mendapat pengikut dan beliau dikenal sebagai seorang sufi besar.

Keistimewaan Muhammad Yusuf.
Sebagai seorang sufi dan ulama terkenal ada beberapa kelebihan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Muhammad Yusuf, antara lain :
  1. Ketika beliau memperdalam ajaran tarekat Qadiriyah kepada Al Raniri beliau berhasil dengan baik dan mendapat ijazah Al Raniri.
  2. Beliau mendapat gelar dari gurunya yang bernama Syekh Ayub bin Ahmad dengan gelar “Al Taj Al Khalwati (Mahkota Khalwati).

Pokok-Pokok Pikiran Muhammad Yusuf.
Sebagai seorang sufi ada, beberapa pokok pikiran yang dikembangkan oleh Muhammad Yusuf diantaranya adalah :
  1. Hendaklah diketahui, kawan-kawanku ketaatan lahir yang tidak diikuti oleh ketaatan batin adalah seperti tubuh tanpa ruh, sedangkan keasyikan batin tidak diikuti kekuatan lahir adalah bagaikan jiwa tanpa tubuh.
  2. Ajaran tasawuf Muhammad Yusuf diawali dengan pemahaman dan pengalaman secara ketat kepada syariat islam, kemudian pemahaman dan penghayatan hakikat yang terkandung di dalamnya.
  3. Salah satu maqam terpenting yang dikemukakan oleh Muhammad Yusuf dalam Zubdat al Asrar adalah maqam muraqabah. Maqam ini secara tegas dan jelas dituangkan dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Maqam ini wajib dibina dan diterapkan terus menerus hingga kehadiran pengawasan dan penyaksian Allah itu tidak lepas dalam diri manusia.
  4. Muhammad Yusuf mengatakan perlunya maqam-maqam untuk membina akhlakul karimah terutama maqam ridha kepada Allah. Dengan maqam-maqam itu akhirnya seseorang akan mampu berakhlak dengan akhlak Allah. Dan apabila sudah demikian maka pendengaran, penglihatan, perkataan dan perbuatan lainnya selalu dalam pengendalian Allah.
  5. Muhammad Yusuf mengatakan bahwa tasawuf adalah Husn Al Khuluq, dan tidak ada tasawuf tanpa adanya Al-Khuluk itu maka tasawuf dimulai dengan menegakkan dan memantapkan niat dan kehendak menuju Allah dan akhirnya berakhlak dengan akhlak pemberian dari Allah.

Karya-Karya Muhammad Yusuf.
Muhammad Yusuf banyak meninggalkan karya-karya kepada orang-orang islam yang pernah beliau tulis selama beliau tinggal di dalam penjara. Diantara karya-karyanya adalah :
  1. Hablul Wari Li Sa’adat al Murid.
  2. Al Futuhat al Rabbaniyah.
  3. Zubdat Al Asrar Fi Tahqiq Ba’dhi Masyarib al Ahyar.
  4. Tuhfat al Labib Bi Liqai al Habib.
  5. Safinat al Sailiniyah.
  6. Al fawaidal Yusufiyah fi Bayani Tahqiqi al Shufiyah.
  7. Budayat al Mubtadi.
  8. Tuhfat al Abrar li Ahl al Asrar.

Wafatnya Syeikh Muhammad Yusuf.
Syeikh Muhammad Yusuf meninggal dunia pada tahun 1111 H di Tanjung Harapan Afrika Selatan.






Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syeikh Muhammad Yusuf Tajul Khalwati | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top