Mistikus Cinta

0

SATU LAGI ULAMA ASAL NUSANTARA YANG MENDUNIA

SYEIKH YUSUF AL-MAKASSARI: MURID IMAM AL-HADDAD ASAL NUSANTARA

Imam Haddad ra. mempunyai murid asal Indonesia? Masya Allah Tabarakallah, Shalluu Alal-Habiib. Syeikh Yusuf al-Makassari adalah keturunan raja Goa dan menantu Sultan Ageng Tirtayasa (Sultan Banten). Nama lengkap beliau adalah Abidin Tadia Tjoessoep, merupakan seorang pahlawan Nasional Indonesia dan murid dari al-Imam al-Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad (Shohibur Ratib al-Haddad).

Keduanya pernah bertemu di kota Ta'izz, Yaman. Imam al-Haddad pun menyebutkan Syeikh Yusuf dalam beberapa tulisannya.

Ketika Syeikh Yusuf kembali ke Indonesia, beliau berjuang dengan gagah berani melawan penjajah Belanda sampai pada akhirnya beliau ditangkap dan diasingkan ke wilayah yang jauh dari negeri asalnya, yakni sebuah wilayah yang jauh juga dari keramaian kota yaitu Zandvliet, Cape Town - Republik Afrika Selatan.

Namun apa yang terjadi?

Maksud hati menjauhkan pengaruh Syeikh Yusuf dari perjuangan kemerdekaan Indonesia, namun di sisi lain Syeikh Yusuf malah menjadi 'pelita' di tengah 'kegelapan' bumi Afrika. Dari Zandvliet inilah cahaya Islam berkembang ke seantero negeri yang pernah mengalami politik Apartheid.

Syeikh Yusuf juga diyakini sebagai orang yang pertama kali membacakan ayat suci al-Qur'an di Afrika.

Tak salah apabila beliau dijuluki sebagai "Bapak Islam" Afrika Selatan. Bahkan Presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan, Nelson Mandela pernah menyatakan bahwa perjuangannya (dalam menghapuskan politik ras) itu diilhami oleh Syeikh Yusuf al-Makassari.

Syeikh Yusuf meninggal di Zandvliet pada tanggal 23 Mei 1699. Wilayah disekitar Zandvliet berganti nama Macassar untuk menghormati tempat kelahiran Syeikh Yusuf.

Semoga ruh beliau beserta para santri, keluarga, dan pengikutnya mendapat ampunan dan keridhaan dari Allahu ta'ala. Bijahinnabiy Muhammadin shallallahu 'alaihi wa sallam, Lahumul Faatihah...


Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syekh Yusuf Al Makassari Adalah Murid Imam Al Haddad | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top