Mistikus Cinta

0
Imam Ahmad bin Hanbal merupakan yang termuda di antara empat imam madzhab. Namun, amat banyak teladan yang ditorehkan dari pribadinya.

Majelis ta'lim beliau yang dihadiri lebih dari lima ribu kaum muslimin, Beliau sempat menanyakan pada mereka:

“Wahai anak muda, dari mana kalian?”

“Dari majlis Abu Kuraib,” jawab para pelajar, santun.

Abu Kuraib Muhammad bin al-‘Ala’ al-Hamdani adalah salah satu syekh yang masyhur kala itu. Akan tetapi, beliau berselisih pendapat dengan Imam Ahmad bin Hanbal. Namun, perhatikan bagaimana akhlak Imam Ahmad kepada orang yang sering menyerangnya ini.

“Belajarlah darinya, wahai anak muda,” tutur Imam Ahmad bin Hanbal sangat bijak, “sungguh, dia adalah orang yang sholeh.”

Dengan nada terkejut, para pelajar menyampaikan pengakuan, “Sesungguhnya Syekh Abu Kuraib sering menyerangmu.”

“Apa yang harus aku perbuat?” tanya retoris Imam Ahmad bin Hanbal sebagaimana diriwayatkan dalam Syi’ar A’lam an-Nubala dan Tarikh Dimasyq.

“Syekh yang shalih itu sedang diuji denganku.”

Demikianlah akhlak orang-orang sholeh. Mereka tak pernah membawa masalah dirinya kepada permusuhan di kalangan umat. Mereka berlapang dada dalam menyikapi ketidaksamaan. Akhlak ini merupakan buah dari lurus dan kuatnya akidah serta ikhlasnya ibadah yang mereka lakukan. Mereka juga meneladani sikap ini dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam sebagai guru mulianya.

Terkait ujian sebagaimana disebutkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal di akhir percakapannya dengan para pelajar tentang Syekh Abu Kuraib ini, ada satu riwayat dari Imam asy-Syafi’i Rahimahullah. Saat ditanya, “Manakah yang lebih utama, orang yang mendapatkan peneguhan atau ujian?” beliau menjawab, “Tidaklah seseorang mendapatkan keteguhan sampai ia mendapat ujian (dan berhasil menyelesaikannya).”

Adakah kita lebih mulia dari Imam Ahmad bin Hanbal sehingga layak merasa marah dan membalas dendam saat mendapat masukan berharga dari orang lain? Sebab amat jauh jarak kesholehan,keilmuan dan keistiqamahan antara kita dengan beliau, seharusnya kita bisa lebih bersabar andai mendapat serangan dari pihak yang memang tak sejalan dengan kita dalam satu dan lain hal.

Bukankah Allah Maha Tahu dan Maha Kuasa kuasa atas segala-galanya?

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Ketika Imam Ahmad Bin Hanbal Diserang | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top