Mistikus Cinta

0
Buya Hamka Sang Penyebar Tasawuf Modern
Pionir penyebaran tasawuf secara nasional di Indonesia, terutama kepada kaum terpelajar di kota-kota besar, ialah Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka), melalui bukunya, Tasawuf Modern. Buya Hamka adalah ulama yang pertama kali mengangkat tema tasawuf di tingkat nasional.

Melalui buku itulah Buya Hamka berhasil mencitrakan bahwa kaum Sufi tidak lagi sebagai sekumpulan orang yang kumuh, sementara tasawuf adalah pola pikir keagamaan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan modern. Begitu piawai Buya Hamka meyakinkan pembacanya, sehingga tak terasa mereka sudah bersentuhan dengan pikiran-pikiran cemerlang Imam Al-Ghazali. Meski dikenal sebagai tokoh Muhammadiyah, pemikiran tasawuf Buya Hamka mengacu pada tasawuf yang dianut Ahlus Sunnah wal Jamaah, dalam hal ini Nahdlatul Ulama.



Sepenggal Biografi Buya Hamka

Buya Hamka Sang Penyebar Tasawuf Modern
Bersama KH Shohibulwafa Tajul Arifin (Abah Anom Suryalaya) Mursyid Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah
Tak banyak orang tahu, bahwa Buya Hamka yang lahir di Maninjau pada tanggal 17 Februari 1908 adalah anak dari orang tua yang broken home. Masa kecilnya harus dilewati dengan berpindah-pindah. Pernah juga ia mengalami sakit cacar di seluruh tubuh. Bekas-bekas luka cacar di muka membuat saudara dan temannya di kampung menghinanya habis-habisan karena fisik yang buruk.

Pengalaman hidup membuatnya menjadi lebih tegar. Kesenangannya membaca membawanya untuk menuntut ilmu di tanah Jawa. Pendidikan yang tidak terlalu tinggi membuatnya ditolak di sekolah-sekolah saat ia melamar menjadi guru. Namun kegigihannya belajar membuatnya berkelana dari tanah Jawa hingga ke Mekkah. Dan akhirnya ia menerima gelar Honoris Causa dari Al-Azhar University Cairo serta menulis sebanyak 118 artikel dan buku (sastra islam, filosofi-sosial, roman, tasawuf, sejarah, biografi).


Referensi :
https://tasawufislam.blogspot.com
https://generasisalaf.wordpress.com/2012/11/20/buya-hamka-peyebar-tasawwuf-modern/
https://republikapenerbit.wordpress.com/2013/07/19/resensi-buku-ayah-kisah-buya-hamka/


https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

Anda sedang membaca Buya Hamka Sang Penyebar Tasawuf Modern. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Buya Hamka Sang Penyebar Tasawuf Modern, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Buya Hamka Sang Penyebar Tasawuf Modern dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya. Silahkan Liked - Follow FB Fanpage Mistikus Cinta | Follow Twitter @Mistikus_Sufi | Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta | Silahkan kunjungi Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.


Sebarkan via LINE - WA:

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top