Mistikus Cinta

0
Shuhba Perpisahan Mawlana Syekh Nazim Al Haqqani (q)
Bismillahi 'r-Rahmani 'r-Rahiim

Segala yang mempunyai awal, ia akan berakhir. Kalian meminta saya untuk tinggal. Tetapi bila saya berada di sini selama 20 tahun, bukannya 20 hari dan itu akan berakhir pada hari ini, itu akan sama saja. Di dalam hidup ini, begitulah yang akan terjadi. Tidak ada seorang pun yang akan hidup bersama selama-lamanya, bahkan anak-anak dengan keluarganya, tetangga, teman, saudara, murid dengan syekh, murid dengan guru, semuanya akan menempuh jalan yang berbeda pada suatu hari nanti.

Kita dapat melanjutkannya di dalam hati kita. Ruh kita selalu bersama, bahkan jika secara fisik kita tidak bersama. Hal itu mengatakan kepada kita bahwa kita adalah hamba Allah. Kita semua adalah makhluk-Nya. Bahkan jika busana kita berubah, posisi fitrah kita tidak akan pernah berubah.

Kami tidak sedang memberikan kuliah; saya bukan seorang profesor, melainkan orang biasa, seperti halnya semua nabi terdahulu. Mereka duduk di tanah dengan para fakir, budak, dengan wanita, anak-anak... Kita telah diciptakan dari tanah dan kita harus berusaha untuk dekat dengan tanah. Ini akan memberi kalian akhlak yang baik dan menjadikan kalian lebih tawaduk. Jika kalian duduk di kursi yang aneh, kalian akan merasa bahwa kalian adalah orang yang penting. Menjadi dekat dengan tanah memberi manfaat kepada tubuh kalian. Para ilmuwan mengatakan kepada kita bahwa ada begitu banyak bakteri di sana. Semakin dekat kalian dengan tanah, mereka akan semakin akrab dengan kalian. Mereka akan mengejar orang-orang yang menghindarinya. Seperti halnya dengan anjing: jika kalian bersahabat dengannya, mereka juga akan bersahabat dengan kalian.

Sekarang ini orang-orang tinggal di gedung-gedung pencakar langit yang jauh dari tanah. Mereka berada di bangungan-bangunan beton yang dikelilingi dengan plastik dan logam. Mereka menjauhi alam sehingga berbagai penyakit mendatangi mereka. Mereka ingin tahu, dari mana asalnya kanker. Hal itu disebabkan karena orang-orang menjauhi alam. Bersahabatlah dengan tanah! Kalian telah diciptakan dari tanah dan kalian akan kembali ke tanah, jika bukan hari ini, mungkin besok, atau minggu depan, bulan depan, tahun depan, atau 100 tahun kemudian.

Kalian tidak bisa lari, kalian akan kembali ke tanah! Jangan lari dari tanah, itu adalah ibu kalian. Jika kalian mendekati tanah, ia akan mengubah sifat alami kalian menjadi lebih baik. Ia akan membuat wajah kalian lebih bercahaya dan menghilangkan kegelapan. Bakteri-bakteri yang mengganggu akan meninggalkan kalian dan kalian akan lebih damai dan nyaman. Inilah sebabnya mengapa para Anbiya biasa duduk di tanah, tetapi sekarang ini orang-orang ingin menjadi elegan. Secara fisik kalian memperoleh manfaat dengan duduk dekat tanah, dan secara spiritual lebih besar lagi manfaatnya. Spiritualitas kalian akan meningkat, karena kalian akan menerima menjadi orang yang tawaduk.

Tidak ada seorang pun yang dapat mengembangkan spiritualitasnya tanpa menjadi orang yang tawaduk. Orang yang paling tawaduk adalah orang yang spiritualitasnya paling tinggi. Karakteristik yang menghambat spiritualitas adalah sombong. Setan berada pada posisi tertinggi ketika ia tawaduk, tetapi ketika ia menjadi sombong, ia tersungkur menjadi yang paling rendah. Kualitas terbaik bagi seorang hamba adalah menjadi hamba yang tawaduk. Siapa pun yang ingin meraih maqam-maqam langit yang tinggi, ia harus menerima bahwa ia bukan apa-apa. 

Jika kalian ingin aman, kalian harus melepaskan beban kalian. Di masa lalu, ketika kapal melewati jalur yang berat, mereka akan membuang muatan mereka dari kapal. Jika kalian ingin mencapai Maqam Surgawi kalian harus melepaskan beban kalian dari diri kalian! Bagian terberat dari diri kalian adalah ego, yang ingin menjadi sesuatu, dan tidak pernah mau mengorbankan dirinya. Korbankanlah dia! Bila kalian telah melakukannya, kalian akan mencapai langit dan menjadi seperti cahaya tanpa tubuh fisik yang menghentikan kalian. Ia akan membawa kalian dari tanah ke langit!


Sumber:
Milis Muhibbun Naqsybandi

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Shuhba Perpisahan Mawlana Syekh Nazim Al Haqqani (q) | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top