Mistikus Cinta

0
Ibnu Atha'
Abul Abbas Ahmad bin Muhammad bin Sahl bin Atha' al Adami adalah sahabat akrab al Junaid. la seorang penggubah syair-syair mistik dan seorang tokoh sufi terkemuka di kota Baghdad. Ibnu Atha' dihukum mati pada tahun 309 H/922 M.

Anekdot-Anekdot Mengenai Diri Ibnu Atha’

Ibnu Atha' termasuk salah seorang murid Junaid yang menonjol. Pada suatu hari beberapa orang pergi ke tempatnya berkhutbah dan mendapatkan seluruh lantai basah.

"Apakah yang terjadi," mereka bertanya.

"Aku mendapatkan sebuah pengalaman mistik," Ibnu Atha' menjelaskan. "Dalam keadaan malu dan dengan air mata bercucuran aku berjalan hilir mudik di dalam ruangan ini."

"Mengapa demikian?" mereka bertanya lagi.

"Ketika masih kecil," Ibnu Atha' menjawab, "aku pernah mencuri seekor burung dara milik tetangga. Hal ini teringat olehku. Lalu aku berikan seribu dinar perak kepada pemilik burung itu sebagai penggantinya. Tetapi batinku gelisah. Aku pun menangis, kuatir apakah akibat yang akan kutanggungkan karena perbuatanku itu."

***

"Berapa kalikah engkau membaca al Quran setiap hari?" seseorang berkata kepada Ibnu Atha',

Ibnu Atha' menjawab, "Dahulu aku biasa menamatkan, al Quran dua kali dalam dua puluh empat jam. Tetapi sekarang ini, walau sudah empat belas tahun aku membacanya, aku baru sampai kepada surah al Anfal."

***

Ibnu Atha' mempunyai sepuluh orang putera, semuanya gagah dan tampan. Ketika mereka menyertai Ibnu Atha' dalam suatu perjalanan, perampok menghadang mereka. Kemudian para perampok itu hendak memenggal kepala mereka satu persatu. Ibnu Atha' tidak berkata apa-apa, dan setiap kali salah seorang dari puteranya itu dipenggal kepalanya, ia menengadahkan kepala ke atas langit dan tertawa. Sembilan orang telah terbunuh. Para penyamun hendak menghabiskan anaknya yang kesepuluh.

"Sungguh seorang ayah yang baik hati," puteranya yang ke sepuluh itu berseru kepadanya, "sembilan orang puteramu telah dipenggal dan engkau tidak berkata apa-apa, malahan tertawa-tawa."

"Wahai buah hati ayah!" Ibnu Atha' menjawab, "Dialah yang melakukan hal ini, apakah yang dapat kita katakan kepada-Nya? Dia memang menghendaki menyelamatkan anak-anakku semuanya."

Mendengar ucapan Ibnu Atha' ini penyamun yang hendak membunuh puteranya yang kesepuluh itu tergugah hatinya dan berseru, "Orang tua, seandainya tadi kata-kata itu engkau ucapkan, niscaya tak seorang pun di antara anak-anakmu yang akan terbunuh."

"Bagaimana kalian ini wahai para sufi," beberapa theolog bertanya kepada Ibnu Atha', "kalian telah menciptakan istilah-istilah yang aneh bagi pendengar-pendengarnya tetapi memberi keputusan dengan berkata biasa saja? Hanya ada dua kemungkinan, yang pertama kalian hanya berlagak, karena berlagak tidak berkaitan dengan kebenaran maka doktrin kalian jelas palsu. Yang kedua, doktrin tersebut seimbang, dan keseimbangan itu hendak kalian sembunyikan dari khalayak ramai?"

"Semua itu kami lakukan karena doktrin itu sangat penting bagi kami," Ibnu Atha' menjawab. "Yang kami praktekkan itu sangat penting bagi kami dan kami tak menginginkan siapa pun juga, kecuali kami para sufi, yang mengetahuinya. Untuk maksud ini kami tidak mau menggunakan bahasa yang dikenal semua orang dan oleh karena itulah kami menciptakan istilah-istilah khusus."

Mengapa Ibnu Atha Mengutuk Ali bin Isa

Ibnu Atha' dituduh seorang bid'ah, Ali bin Isa yang menjabat wazir khalifah, memanggil dan mencela Ibnu Atha', Ibnu Atha' menjawab dengan kata-kata yang kasar. Si wazir murka dan memerintahkan hamba-hambanya melepaskan sepatu yang sedang dipakainya, dengan sepatu itu mereka harus memukul kepala Ibnu Atha' sampai ia mati. Di dalam penyiksaan itu Ibnu Atha' meneriakkan kutukan kepadanya, "Semoga Allah memutuskan kaki dan tanganmu!"

Di belakangan hari khalifah marah kepada wazirnya, Ali bin Isa, dan memerintahkan agar tangan dan kakinya dipotong.

Sehubungan dengan peristiwa ini beberapa di antara tokoh-tokoh sufi menyalahkan Ibnu Atha' dan berkata, "Jika melalui doa-doamu engkau dapat memperbaiki manusia, mengapakah engkau mengutuk dia? Seharusnya engkau mendoakan keselamatannya." Tetapi tokoh-tokoh sufi yang lain membela Ibnu Atha' dan berkata, "Mungkin sekali Ibnu Atha' mengutuk si wazir untuk membela kaum Muslimin karena ia adalah seorang wazir yang dzalim."

Sebuah penjelasan lain yang membela Ibnu Atha' adalah: sebagai seorang manusia yang berintuisi tajam, Ibnu Atha' mengetahui malapetaka yang akan menimpa diri si wazir. la hanya menyatakan persetujuannya terhadap takdir Allah itu, dengan demikian Allah menyatakan kehendak-Nya melalui lidah Ibnu Atha', sedangkan Ibnu Atha' sama sekali berlepas tangan. 

Menurut pendapat saya sendiri, sesungguhnya Ibnu Atha' tidak mengutuk si wazir. Bahkan sebaliknya, Ibnu Atha' mendoakan demikian supaya si wazir dapat mencapai derajat seorang syuhada. Ibnu Atha' mendoakan agar si wazir menanggung kehinaan di atas dunia ini dan kehilangan kedudukannya yang tinggi beserta kekayaannya yang berlimpah itu. Jadi dengan sudut pandangan yang seperti ini terlihatlah bahwa Ibnu Atha' semata-mata menghendaki kebaikan bagi Ali bin Isa, karena bukankah hukuman di atas dunia ini jauh lebih ringan daripada di akhirat?


Sumber:
Tadzkiratul Awliya’ (Kisah Teladan Kehidupan Para Wali Allah) – Fariduddin al Attar

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Ibnu Atha' | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top