Mistikus Cinta

0

Wenehono Teken Marang Wong Kang Wuto (Berilah Tongkat Pada Orang Yang Buta) 

Maksudnya buta disini bukan buta mata zahirnya, melainkan buta mata hati (Batinnya) oleh karena itu, berilah petunjuk kebenaran kepada orang yang buta mata batinnya itu, agar ia tidak tersesat menjalani kehidupannya menuju pada keridhaan Gusti Allah, berilah pencerahan kepada orang sedang gelap di mabuk kemaksiatan dan kebodohan itu, agar mereka mengetahui mengilmui tujuan penciptanya.

Wenehono Pangan Marang Wong Kang Keluwen (Berilah Makan Orang Yang Lapar) 

Merupakan wujud kepedulian kita pada sesama, Islam adalah agama yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat, oleh karena itu, kewajiban zakat dan anjuran bersedekah kepada para fakir miskin menunjukkan bahwa Islam hadir untuk mengentaskan kemiskinan dan membangun peradaban, jika kita diberi kenikmatan lebih oleh Allah, kita makan kenyang, maka berikanlah sebagian karunia-Nya yang kita nikmati itu pada orang lain, khususnya orang-orang miskin dan kaum dhuafa agar berkah rezeki yang ada pada kita.

Wenehono Payung Marang Wong Kang Kudanan(Berilah Payung Pada Orang Yang Kehujanan) 

Maksudnya, berilah keteduhan kepada orang-orang yang membutuhkan keteduhan, biarlah kehangatan pada mereka yang kedinginan, ini merupakan wujud Islam yang ramah pada sesama, yang selalu ringan membantu kepada mereka yang membutuhkan bantuan, pendek kata, tajamkan empati kita untuk peka melihat keadaan di sekeliling kita, ringankan tangan kita untuk membantu kesulitan sesama, sebab disitulah letak keridhaan Gusti Allah pada segala yang kita lakukan.

Wenehono Sandang Marang Wong Kang Kawudan (Berilah Pakaian Kepada Orang Yang Telanjang)

Maksudnya tutupilah aurat saudaramu, tutuplah aib saudaramu, jangan mudah membuka aib saudaramu kepada sesama manusia, karena sikap yang demikian akan menelanjangi aibmu di kemudian hari dimata manusia, juga dihadapan Gusti Allah, Tuhan Yang Esa.



Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Nasehat Sunan Drajat | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top