Mistikus Cinta

0

Sebuah foto yang telah lama beredar di internet dan diyakini sebagai foto KH Muhammad Kholil bin Abdul Latif alias Syaikhona Kholil Bangkalan ternyata keliru. Keturunan Syaikhona Kholil atau Bani Kholil berhasil menemukan bukti foto yang asli di musium Den Haag Belanda. Foto itu 95 persen diyakini sebagai foto asli Syaikhona Kholil.

“Yang di internet Itu foto orang lain, namanya Den Kammu' (Raden Kammu'),” kata KH Zubair Muntashor, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Kholil, Kelurahan Demangan, Kota Bangkalan, Senin, 23 Januari 2017.

Seingat Kiai Zubair, Raden Kammu' semasa hidupnya merupakan Khotib Khutbah Jumat di Masjid Agung Sultan Kadirun Bangkalan. Rumahnya, di Jalan Jokotole II RT 12 Kelurahan Demangan.

Menurut dia, kekeliruan foto terjadi karena Raden Kammu' memiliki nama lahir yang sama dengan Syaikhona Kholil yaitu Holil bin Zainal Alim. Ia juga seorang kiai dan punya pesantren.

Sehingga, ketika fotonya diupload ke internet, banyak warga yang menganggap sosok Raden Kammu' adalah Syaikhona Kholil. Karena pada keterangan caption orang dalam foto tersebut hanya disebutkan KH Kholil Bangkalan. “Sehingga banyak yang mengira itu foto Syaikhona Kholil, padahal bukan,” terang dia.

Menurut Kiai Zubair, saat awal foto itu beredar, keluarga ‘Bani Kholil’ tidak bisa mengklarifikasi ihwal foto itu karena tak satu pun keluarga yang memiliki foto asli Syaikhona Kholil.

Hanya menurut sejumlah cerita, salah satu cicitnya, yaitu KH Mohammad Kholil AG, pendiri Pondok Pesantren Ibnu Kholil, wajahnya sangat mirip dengan Syaikhona Kholil yaitu wajah ke arab-araban dengan hidung mancung.

Barulah, sekira dua bulan lalu, tutur Kiai Zubair, ada seorang warga Bangkalan yang bekerja di kapal pesiar, sempat berkunjung ke musium di Den Haag, Belanda. Dia kemudian memotret beberapa foto tentang Bangkalan yang ada di musium tersebut. Salah satunya, foto Adi Pati Bangkalan bersama sejumlah tokoh di depan Pendopo.

KH Zubair Muntashor memperlihatkan foto KH Muhammad Kholil bin Abdul Latif yang ditemukan di musium Den Haag Belanda.
Dalam foto itulah, terdapat sosok bersurban dengan jenggot putih, tepat duduk di samping kanan Adi Pati. Sosok itulah yang kemudian diyakini sebagai Syaikhona Kholil. Keyakinan makin kuat karena sosok foto di samping kiri Adi Pati dikenali sebagai KH Ghazali Dulkariman atau yang masyhur dengan panggilan Kiai Kalah. Ia kiai yang hidup sezaman dengan Syaikhona Kholil.

“Kami yakin 95 persen foto itu Kiai Kholil, kenapa 95 persen? Karena ada yang bilang foto itu mirip dengan sosok Habib Muhdor asal Bondowoso. Memang mirip sekali. Tapi buat apa habib ada di foto itu. Makanya kami yakin itu foto Syaikhona karena Kiai Kalah juga ada di foto itu,” terang Kiai Zubair.

Untuk meluruskan kesalahpahaman ihwal foto Syaichona Kholil di internet, selain lewat berita, Kiai Zubair juga membuat video klip lagu nasyid. Lagunya berisi bantahan bahwa foto yang beredar di internet bukan foto Syaikhona Kholil. (ALMUSTAFA/MK - koranmadura.com)




https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

DMCA.com
Anda sedang membaca Foto Asli Syaikhona Kholil Bangkalan Tersimpan Di Belanda. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Foto Asli Syaikhona Kholil Bangkalan Tersimpan Di Belanda, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Foto Asli Syaikhona Kholil Bangkalan Tersimpan Di Belanda dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya, apabila tidak mau menyebut sumber dari BLOG. Mohon jangan COPAS. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon bantu share. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan Liked FB Fanpage Mistikus Cinta - Follow Twitter @Mistikus_Sufi - Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta. Terima kasih.

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top