Mistikus Cinta

0
Ketika Rasulullah Saw. hijrah bersama Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Ra., terlihat seekor kambing bersujud kepada Rasulullah Saw. Maka Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Ra. pun ikut bersujud kepada Rasulullah Saw. Lalu Rasulullah Saw. menarik pundak sahabat Sayyidina Abu Bakar dan berkata, “Wahai Abu Bakar, jangan engkau bersujud kepadaku."

Maka Sayyidina Abu Bakar Ra. berkata, “Wahai Rasulullah, kami lebih berhak bersujud kepadamu daripada hewan karena kami adalah ummatmu dan hewan bukanlah ummatmu."

Ketahuilah bahwa sujud adalah ungkapan ta’dzim (memuliakan). Di zaman Nabi Yusuf As. dijelaskan bahwa saudara-saudara Nabi Yusuf bersujud kepada Nabi Yusuf dan kepada ayahnya. Maka sujud adalah suatu penghormatan dan bukanlah hal yang syirik. Namun Rasulullah Saw. melarang ummatnya untuk bersujud kepada beliau atau kepada ummat sesama, dan menjadikan sujud hanya kepada Allah. Sedangkan di masa ummat-ummat terdahulu ada sujud yang dimaksudkan untuk pengagungan, bahkan kita ketahui bahwa malaikat pun sujud kepada Nabi Adam, namun bukan menyembahnya. Di masa lalu pengagungan dilakukan dengan cara bersujud, namun di zaman ini pengagungan dilakukan dengan cara pujian atau yang lainnya namun bukan dengan sujud.

Hal yang ingin saya sampaikan pada kesempatan ini adalah pengagungan terhadap makhluk yang diagungkan oleh Allah telah dilakukan Allah sejak zaman Nabi Adam As. hingga zaman Nabi Muhammad Saw., dimana semua pohon dan bebatuan pun sujud kepada Nabi Saw. Sebagaimana Sayyidina Abu Bakar pun sujud kepada Nabi Saw., namun hal tersebut dilarang oleh Nabi Saw.

Maka perbuatan untuk pengagungan bukanlah suatu yang kultus, namun yang disebut kultus adalah pengagungan yang berlebihan yang mengarah pada penyembahan. Pengagungan adalah hal yang luhur, dimana itu adalah perbuatan para sahabat kepada Rasulullah Saw. 

Wallahu a`lam. 


Oleh: Habib Mundzir al-Musawa Pendiri Majelis Rasulullah

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Kisah Seekor Kambing Sujud kepada Rasulullah SAW | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top