Mistikus Cinta

0
"Permohonanmu kepada Allah (dalam hal rizqi) mengandung pengertian bahwa Dia tidak memberi rizqi kepadanya, permohonanmu kepada Allah agar kamu dekat kepada-Nya itu mengandung pengertian bahwa Dia jauh dari padanya, permohonanmu selain Allah itu berarti sedikit rasa malumu kepada-Nya, dan permintaanmu dari selain Allah karena adanya kamu jauh dari pada-Nya".


Serial Kitab Al Hikam Syaikh Ibn Atha’illah as Sakandari
Menurut Ibnu Atho'illah r.a. bahwa permohonan hamba kepada Allah itu dapat dibagi menjadi empat macam, yakni:

1. Memohon tambahan rizqi agar bisa lebih giat dalam beribadah. Kalau ada seseorang yang memohon seperti itu, maka berarti ia telah menuduh Allah tidak mencukupi kebutuhan-kebutuhannya. Hal ini bertentangan dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar ayat 52, yang artinya:

"Dan tidaklah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rizqi, dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendakinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan bagi kaum yang beriman".

2. Memohon agar dirinya bisa dekat kepada Allah. Kalau ada seseorang mempunyai permohonan seperti ini, maka berarti ia jauh dari-Nya, padahal sebenarnya Allah itu dekat, sebagaimana Firman-Nya dalam A1-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 187, yang artinya: 

"Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku maka (jawablah) bahwasanya aku adalah dekat”.

3. Memohon kepada selain Allah, hal ini jelas bertentangan dengan Al-Qur'an Surat As-Syuaroq ayat 213, yang artinya:

"Maka janganlah engkau menyeru (menyembah) Tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan engkau termasuk orang-orang yang disiksa”.

4. Permohonan dari selain Allah. Yakni permohonan yang justru menjauhkan seseorang dari-Nya.

Karena itu, seseorang yang memohon kepada Allah hendaklah didasarkan karena semata-mata beribadah kepada-Nya, dan bukan karena menurutkan hawa nafsu belaka.

***

Serial Kitab Al Hikam Syaikh Ibn Atha’illah as Sakandari


https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

Anda sedang membaca Berbagai Macam Permohonan Seorang Hamba Kepada Allah. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Berbagai Macam Permohonan Seorang Hamba Kepada Allah, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Berbagai Macam Permohonan Seorang Hamba Kepada Allah dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya. Silahkan Liked - Follow FB Fanpage Mistikus Cinta | Follow Twitter @Mistikus_Sufi | Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta | Silahkan kunjungi Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.


Sebarkan via LINE - WA:

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top