Mistikus Cinta

0
"Permohonanmu kepada Allah (dalam hal rizqi) mengandung pengertian bahwa Dia tidak memberi rizqi kepadanya, permohonanmu kepada Allah agar kamu dekat kepada-Nya itu mengandung pengertian bahwa Dia jauh dari padanya, permohonanmu selain Allah itu berarti sedikit rasa malumu kepada-Nya, dan permintaanmu dari selain Allah karena adanya kamu jauh dari pada-Nya".


Serial Kitab Al Hikam Syaikh Ibn Atha’illah as Sakandari
Menurut Ibnu Atho'illah r.a. bahwa permohonan hamba kepada Allah itu dapat dibagi menjadi empat macam, yakni:

1. Memohon tambahan rizqi agar bisa lebih giat dalam beribadah. Kalau ada seseorang yang memohon seperti itu, maka berarti ia telah menuduh Allah tidak mencukupi kebutuhan-kebutuhannya. Hal ini bertentangan dengan firman Allah dalam Al-Qur’an Surat Az-Zumar ayat 52, yang artinya:

"Dan tidaklah mereka mengetahui bahwa Allah melapangkan rizqi, dan menyempitkannya bagi siapa yang dikehendakinya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda kekuasaan bagi kaum yang beriman".

2. Memohon agar dirinya bisa dekat kepada Allah. Kalau ada seseorang mempunyai permohonan seperti ini, maka berarti ia jauh dari-Nya, padahal sebenarnya Allah itu dekat, sebagaimana Firman-Nya dalam A1-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 187, yang artinya: 

"Dan apabila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku maka (jawablah) bahwasanya aku adalah dekat”.

3. Memohon kepada selain Allah, hal ini jelas bertentangan dengan Al-Qur'an Surat As-Syuaroq ayat 213, yang artinya:

"Maka janganlah engkau menyeru (menyembah) Tuhan yang lain di samping Allah, yang menyebabkan engkau termasuk orang-orang yang disiksa”.

4. Permohonan dari selain Allah. Yakni permohonan yang justru menjauhkan seseorang dari-Nya.

Karena itu, seseorang yang memohon kepada Allah hendaklah didasarkan karena semata-mata beribadah kepada-Nya, dan bukan karena menurutkan hawa nafsu belaka.

***

Serial Kitab Al Hikam Syaikh Ibn Atha’illah as Sakandari



https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

DMCA.com
Anda sedang membaca Berbagai Macam Permohonan Seorang Hamba Kepada Allah. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Berbagai Macam Permohonan Seorang Hamba Kepada Allah, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Berbagai Macam Permohonan Seorang Hamba Kepada Allah dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya, apabila tidak mau menyebut sumber dari BLOG. Mohon jangan COPAS. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon bantu share. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan Liked FB Fanpage Mistikus Cinta - Follow Twitter @Mistikus_Sufi - Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta. Terima kasih.

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top