Mistikus Cinta

0
"Terlambatnya masa pemberian Allah di mana engkau telah bersungguh-sungguh dalam berdo'a, itu janganlah menyebabkan engkau berputus asa (dalam berdo'a). Maka ketahuilah bahwa Allah itu telah menanggung kepadamu akan mengabulkan semua do'a terhadap apa yang Allah telah pilihkan untukmu, tidak pada apa yang engkau telah pilihkan untuk dirimu (sendiri), dan pada waktu yang Dia kehendaki bukan pada waktu yang engkau kehendaki".


Serial Kitab Al Hikam Syaikh Ibn Atha’illah as Sakandari
Berikut ini adalah beberapa firman Allah yang berhubungan dengan do'a:

1. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 186, yang artinya:

"Dan jika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (katakanlah) bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permintaan orang yang berdo'a jika ia berdo'a kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka senantiasa berada dalam kebenaran".

2. Dalam Surat Al-Mu'min ayat 60, yang artinya:
"Berdo'alah kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan do'amu".

Berdo'a adalah termasuk ibadah, dan itu juga merupakan senjata orang mu'min. Dalam hal melakukan atau memerlukan apa saja, hendaknya kita terlebih dulu berdo'a agar apa yang kita inginkan itu dipenuhi oleh Allah.

Namun hendaknya kita jangan berputus asa, jika seandainya do'a yang kita panjatkan itu belum dikabulkan oleh Allah. Sesuai dengan janji Allah, tak ada do'a yang tidak dikabulkan. Hal itu hanya soal waktu saja. Sebab adakalanya do'a itu ada yang dipercepat pemenuhannya ada pula yang diperlambat. Bahkan ada yang baru dipenuhi di alam akhirat nanti. Dan ini adalah sebaik-baik waktu dipenuhinya do'a seseorang.

Seandainya saja orang yang berdo'a itu tahu dan mengerti, bahwa do'a yang dipenuhi atau dikabulkan di akhirat itu lebih baik dari pada dikabulkan ketika di dunia, niscaya mereka akan berharap do'anya dikabulkan di akhirat saja.

Sedikit pun kita tiada berkuasa memaksa Allah agar segera memenuhi do'a kita. Soal cepat atau lambat, semua itu adalah menurut kehendak Allah, bukan menurut kehendak kita. Dan kalau Allah sudah berkehendak, siapa lagi yang akan mampu menghalangi atau mencegahnya? tak ada sesuatupun atau seseorangpun.

Sungguh kita harus bersyukur, bahwa apa yang ditentukan Allah dan yang juga dipilihkan Allah adalah sebaik-baik ketentuan dan juga sebaik-baik pilihan. Walaupun terkadang kelihatannya tidak mengenakkan, namun di balik itu terdapat hikmah yang pasti akan kita rasakan di kemudian hari.

Perhatikan dan renungkan firman Allah yang tersebut dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 216 berikut ini:

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal (sebenarnya) ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyenangi sesuatu, padahal (sebenarnya) ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tiada mengetahui".

Juga dalam sebuah Hadits diterangkan, bahwa pernah Rasulullah S.A.W. bersabda : "Tiada seorang pun yang berdo'a melainkan Allah pasti akan mengabulkan do'anya atau dihindarkan bahaya dari padanya atau diampuni sebagian dosanya selama ia tidak berdo'a untuk sesuatu yang menjurus kepada dosa atau untuk memutuskan hubungan sanak famili".

Dalam sebuah Atsar juga disebutkan : "Sesungguhnya seorang hamba Allah berdo'a kepada Tuhannya Azza Wajalla, maka berkatalah Allah kepada Malaikat-Nya : Perkenankanlah keinginan hamba-Ku itu, tetapi janganlah diberikan segera. Tahan agak lama, karena Aku sangat suka mendengarkan do'anya".

Memang sesuai dengan janji-Nya sendiri, bahwa setiap do'a akan dikabulkan. Akan tetapi walau demikian terdapat macam-macamnya :

1. Do'a yang cepat dikabulkan.
Misalnya, do'a orang yang teraniaya, karena tidak ada hijab (penghalang) antara orang yang teraniaya tersebut dengan Allah.

2. Do'a yang lambat dikabulkan.
Misalnya, do'a Nabi Nuh agar Allah menghancurkan kaum-Nya. Do'a ini baru dikabulkan setelah memakan waktu kurang lebih 40 tahun.

3. Do'a yang lama sekali belum dikabulkan.
Misalnya sebagaimana tersebut dalam Hadits Riwayat Muslim, bahwasanya Rasulullah S.A.W. pernah bersabda "Sesungguhnya Allah Yang Maha Tinggi itu baik, tidak menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah telah memerintah orang-orang mukmin serupa dengan yang diperintahkan kepada Rasul, maka Allah berfirman : Wahai para Rasul, makanlah dari segala sesuatu yang baik, dan bekerjalah kamu dengan pekerjaan yang baik. Dan telah berfirman : Hai orang-orang yang beriman, makanlah dari apa-apa yang baik yang telah kami rizqikan kepadamu. Kemudian beliau menceritakan seorang laki-laki yang telah jauh perjalanannya, berambut kusut penuh dengan debu. Dia menadahkan kedua tangannya ke langit dan berkata : Wahai Tuhan-Wahai Tuhan, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan dikenyangkan dengan barang yang haram; maka bagaimana ia akan di terima permintaannya”.

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Allah Berjanji Akan Mengabulkan Doa Hambanya | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top