Mistikus Cinta

0

KETIKA SANG KIAI PLURALIS KAPUNDHUT

Langit senja di Salatiga Ahad (28/5/2017) nampak demikian berbeda, hujan turun begitu deras sejak sore hingga malam usai orang-orang menuntaskan tarawihnya. Langit seperti hendak menyampaikan salam duka kepada bumi ketika salah satu ulama yang dicintai umatnya harus "dipundhut" oleh Gusti Sang Maha Menghidupkan, Sang Maha Mematikan.

Betapapun deras hujan mengguyur, tak mengurungkan niat begitu banyak para pentakziah yang berdatangan di ndalem pesantren Edi Mancoro, menghaturkan belasungkawa dan doa atas kepulangan Romo Kiai Mahfudz Ridwan, seorang Kiai yang masyhur karena kealiman, keilmuan, dan kedekatannya dengan siapa saja tanpa memandang latar belakangnya.

Beliau merupakan salah satu Mustasyar PBNU yang sangat dihormati. Beliau juga sahabat dekat Gus Dur semasa menimba ilmu di Baghdad, keduanya adalah ulama yang konsisten membumikan Islam yang rahmatan lil alamin di bumi nusantara, ulama yang memandang umat dengan pandangan kasih sayang

الذين ينظرون إلى الأمة بعين الرحمة.

Seperti Gus Dur, keistiqomahan Romo Kiai Mahfudz Ridwan dalam menjaga dan menebarkan Islam yang tasamuh menempatkan beliau begitu lekat di hati banyak orang, tak hanya dari kalangan muslim, tapi juga dari umat agama lain. Tak heran bila kabar kepergian Romo Kiai Mahfudz Ridwan membuat tokoh berbagai agama turut hadir menyampaikan belasungkawa.

Selamat jalan, Kiai. Semoga semangat tasamuh dan kealiman panjenengan dapat diteruskan oleh para masyarakat, para santri, dan siapapun yang mengimani agama dengan cara santun dan bijaksana. 

اللهم اغفرله وارحمه و عافه واعف عنه.

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca KH. Mahfudz Ridwan | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top