Mistikus Cinta

0

Imam Hasan Al-Bashri mengatakan:

“Wahai manusia, amalmu adalah amalmu! Itulah darah dan dagingmu! Maka, lihatlah seperti apa sebenarnya amalmu kelak!

Sungguh, ahli takwa memiliki sejumlah tanda pengenal; berbicara jujur, menunaikan janji, menyambung silaturahim, mengasihi orang-orang lemah, tidak berbangga diri dan tidak sombong, bersegera melakukan kebaikan, tidak angkuh di hadapan orang lain, dan berakhlak baik serta lapang dada. Semua itu adalah amal yang kelak akan mendekatkan diri hamba kepada Allah Azza wa Jalla.

Wahai manusia! Sungguh, engkaulah yang dapat melihat amalmu dan mempertimbang baik-buruknya. Engkau jangan pernah meremehkan amal kebaikan, sekecil apa pun kebaikan itu. Sungguh, jika engkau telah melihatnya akan membuatmu gembira. Dan, jangan pula meremehkan keburukan, sekecil apa pun, sungguh jika engkau telah melihatnya, tempatnya akan membuatmu sengsara.

Semoga Allah mengasihi orang-orang yang mengusahakan kebaikan, memberi nafkah dengan sederhana, mempersembahkan kelebihannya untuk hari fakir dan kekurangan. Jauh sekali, jauh sekali dunia telah pergi dengan dua keadaannya (lapang dan susah). Tinggallah amal perbuatan mengalung di leher kalian. 

Kalian telah menggiring manusia, dan waktu telah menggiring kalian. Sungguh, orang-orang pilihan di antara kalian telah disegerakan, apa lagi yang kalian tunggu? Apa yang kau pilih? 

Sungguh, tak ada kitab suci setelah kalian, dan tak ada Nabi setelah Nabi kalian. Wahai manusia, juallah duniamu dengan akhiratmu, niscaya kalian akan beruntung mendapatkan keduanya.

Dan, jangan sekali-kali kau jual akhiratmu untuk duniamu, niscaya engkau akan merugi dalam keduanya.”

--Imam Hasan Al-Bashri dalam Hilyah Al-Auliya karya Abu Nu'aim Al-Ashfahani--

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Nasehat Imam Hasan Bashri | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top