Mistikus Cinta

0

Imam Hasan Al-Bashri mengatakan:

“Wahai manusia, amalmu adalah amalmu! Itulah darah dan dagingmu! Maka, lihatlah seperti apa sebenarnya amalmu kelak!

Sungguh, ahli takwa memiliki sejumlah tanda pengenal; berbicara jujur, menunaikan janji, menyambung silaturahim, mengasihi orang-orang lemah, tidak berbangga diri dan tidak sombong, bersegera melakukan kebaikan, tidak angkuh di hadapan orang lain, dan berakhlak baik serta lapang dada. Semua itu adalah amal yang kelak akan mendekatkan diri hamba kepada Allah Azza wa Jalla.

Wahai manusia! Sungguh, engkaulah yang dapat melihat amalmu dan mempertimbang baik-buruknya. Engkau jangan pernah meremehkan amal kebaikan, sekecil apa pun kebaikan itu. Sungguh, jika engkau telah melihatnya akan membuatmu gembira. Dan, jangan pula meremehkan keburukan, sekecil apa pun, sungguh jika engkau telah melihatnya, tempatnya akan membuatmu sengsara.

Semoga Allah mengasihi orang-orang yang mengusahakan kebaikan, memberi nafkah dengan sederhana, mempersembahkan kelebihannya untuk hari fakir dan kekurangan. Jauh sekali, jauh sekali dunia telah pergi dengan dua keadaannya (lapang dan susah). Tinggallah amal perbuatan mengalung di leher kalian. 

Kalian telah menggiring manusia, dan waktu telah menggiring kalian. Sungguh, orang-orang pilihan di antara kalian telah disegerakan, apa lagi yang kalian tunggu? Apa yang kau pilih? 

Sungguh, tak ada kitab suci setelah kalian, dan tak ada Nabi setelah Nabi kalian. Wahai manusia, juallah duniamu dengan akhiratmu, niscaya kalian akan beruntung mendapatkan keduanya.

Dan, jangan sekali-kali kau jual akhiratmu untuk duniamu, niscaya engkau akan merugi dalam keduanya.”

--Imam Hasan Al-Bashri dalam Hilyah Al-Auliya karya Abu Nu'aim Al-Ashfahani--



https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

DMCA.com
Anda sedang membaca Nasehat Imam Hasan Bashri. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Nasehat Imam Hasan Bashri, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Nasehat Imam Hasan Bashri dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya, apabila tidak mau menyebut sumber dari BLOG. Mohon jangan COPAS. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon bantu share. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan Liked FB Fanpage Mistikus Cinta - Follow Twitter @Mistikus_Sufi - Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta. Terima kasih.

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top