Mistikus Cinta

0
Waliyullah Jadzab (Majedub) Cucu Al Habib Abu Bakar Assegaf Gresik

Nama lengkapnya Habib Abu Bakar bin Assegaf bin Abu Bakar Bin Muhammad bin Umar Assegaff. Beliau adalah masih keturunan Habib Abu Bakar Assegaf salah seorang waliyullah yang makamnya ada di masjid Jami’ Gresik.

Namanya dikenal dengan sebutan Habib Bakar. Beliau merupakan cucu dari Habib Abu Bakar Assegaf dari Gresik. Orangnya sudah tua dan seringkali tidak memakai baju dan hanya memakai sarung saja. Orang kalau tidak mengenali beliau maka akan menganggap sebagai orang gelandangan. Namun bagi mereka yang tahu bahwa Habib Bakar merupakan salah seorang waliyullah Jaddab atau Majedub. Demikian orang-orang di Gresik menjuluki pria bertelanjang dada, berjenggot putih dan berkopyah ini. Dan orang-orang yang pernah bersentuhan dengan beliau mulai merindukan kehadiran dan berusaha mencarinya. Apa keistimewaannya?

Berikut informasi sosok Habib Bakar yang dihimpun dari beberapa sumber:

”Subhanallah..!! ini lah seorang Waliyullah Jaddab/Majedub yang sampai saat ini masih hidup di Jawa Timur dan namanya di masturkan (tutup).. WAQILA (Air kencingnya Berbau Wangi), masuk sumur langsung hilang tinggal sarungnya. Dan ketemu di makam kakeknya sedang memeluk Nisan… Dan puluhan keanehannya selalu membawa BERKAH…. Cucu Wali Quthub Habib Abu Bakar Assegaf Gresik ini, yang sudah 15 tahun di dalam kamar tanpa makan dan minum sedikitpun..” Ujar Efendi ketika membagikan gambar Habib Bakar diatas pada tanggal 29 Desember 2015.

“Dulu aku sering ketemu di Kantor Maarif Cab. Gresik, beliau sering main layang-layang ke kantor. saat itu almarhum P Anwar Rimin seneng kalo malem ngrewangi melekan” ujar akun Mas Bro.

“Alhamdulillah saya udah pernah ketemu beliau sama persis dengan foto tersebut acara di Polres Gresik” ujar Burhan Syarif Syarif.

”Ingat masa kecil ketika Habib Bakar masih sering mampir-mampir di warkop…” kata Didik Kuswantoro.

“Nek mangan ngombe sih sik iyo, tapi mek sak cokotan titik. Sing dipangan sing gak bernyawa. Dulu suka tuker sarungku dan suka klambiku. Koyok ngono wis ket jaman SD kiro-kiro taon 1976, nek Jum’atan ndik masjid Jami’ muter njero masjid ” pengalaman dari Moh Hamzah.

“Dulu sering mampir di terminal Gubernur Suryo & warkop malah suka kalo Habib mampir” terang Rhama.

“Subhanallah ini fakta saya dulu sopir angkot waktu itu beliau pernah ikut naik angkot saya muter-muter kota Gresik dan duduk didepan cuman pakek sarung tanpa baju beliau saya kasih satu bungkus rokok tidak mau hanya di ambil 3 batang 2 di tarok telinga kanan kiri 1 di hisap beliau tidak mau apa-apa lagi Subhanallah tanpa aku sadari penumpang begitu banyak turun naik-turun naik padahal waktu itu mobil angkot lain sepi gak ada penumpang tapi saya tau beliau itu waliyullah yang selalu membawa berkah rezeki semoga beliau selalu di sayangi Allah….. aamiin3x” ujar Rohman Adiputra.

Menurut informasi dari Bachtiar Ryawan saat ini posisi Habib Bakar tinggal di Nganjuk sebagaimana keinginan beliau sehingga mengapa beliau saat ini jarang sekali terlihat di Gresik kecuali ada haul kakeknya Haul Habib Abu Bakar Assegaf. “Habib Bakar tetap tinggal di Nganjuk….itu sudah tugas beliau menetap disana….kalau di Gresik tetap dipegang Habib Husein atau lebih dikenal dengan sebutan Habib Potlot…..” terang Bachtiar.


Kumpulan Karomah Habib Bakar

Bagi warga Gresik tentu tidak asing dengan nama Habib Bakar. Habib Abu Bakar bin Assegaf, Waliyullah asal Gresik yang sekarang tinggal PP Sabilul Muttaqin Baron Nganjuk ini meninggalkan banyak memori. Banyak kesaksian warga Gresik mengenai karomah beliau. Berikut kesaksian warga Gresik yang pernah mengetahui keseharian beliaunya:

"Beliau memang seorang yang majdub.. kebiasaannya yang sering di luar nalar manusia biasa menandakan saking cintanya beliau kepada Allah hingga sampai melupakan dunia yang tiada artinya" tutur Mamiek Prakoso.

"Habib pernah di ajak satu mobil untuk mengantar saudaranya mau melahirkan dan dalam perjalanan ada yang minta sebuah nama untuk si jabang bayi dan Habib bilang kasih nama bayinya Fatimah. Semuanya di mobil bingung karena selama USG bayi adalah laki-laki dan benar apa kata Habib ternyata bayi yang lahir adalah perempuan. Subhanallah"…  tutur Iwan Ciss

"Beliau koramahnya luar biasa & saya salah satu saksi hidup karomah beliau… Semoga diberi kesehatan oleh ALLAH ya Habib…" tutur Hendry Wibisono

"Tahun 1995 pas musim hujan, Habib Abu Bakar main ke rumah, di kasih ibu tape ternyata tape tersebut di ecer-ecer di semua kursi ruang tamuku, sampai semua bingung, ini gimana kalo njemur, panas aja gak pernah ada uda hampir 10 hari tanpa panas.. Ternyta ALHAMDULILLAH dengan tidak di sangka pagi di cuci panas sampai 3 hari. Akhirnya kursi ibuku bersih dan kering. Setelah kering langsung hujan lagi. SUBHANALLAH" tutur Mohammad Fauzan 

"Habib Bakar itu posisinya gak bisa di pastiin, beliau sering pindah-pindah bahkan dalam 1 hari ia bisa ada di 2 kota kok, tapi aku yakin kalau malam ia sering di Gresik…" tutur Bony Wayuda

"Eleng jaman SD.. Ben ketemu pasti sebah cium tangan.. Tanpa sepatah katapun keluar dari lisan beliau.." tutur Ilyas Al Ghazali

"Iling jaman sekolah dulu naik len dari Pangsud ketemu di depan gaden Habib Syeh jalan kaki sesampai di pasar ketemu dia lagi. Padahal waktu itu len yang aku tumpangi ga pakai berhenti. Karomahnya luar biasa. Assalamu’alaikum syeh. aku rindu padamu" tutur Moh Syaiful Fathoni

"Sing ga habis pikir waktu tidur dirumahe temenku Sukodono.. malam masuk rumah terus dikunci pemiliknya pas Subuh dia sudah keluar padahal didalam rumah masih terkunci.. wkkk.. ancen kelakuane syeh bikin pucing pala beby… tapi katanya temenku itu sudah biasa.. wkkk saktiiii tenan.." tutur Moh Syaiful Fathoni

"Banyak kisah, cerita unik menaungi beliau yang terkadang diluar nalar, tapi dengan seizin Allah semua bisa saja menjadi kenyataan". tutur Warsito Elem

"Waktu SMA pulang sekolah sering kaget beliau sering masuk rumahku duduk dikamarku, sama abahku selalu digantiin sarungnya dikasih rokok dan kopi. Semoga Allah selalu kasih kesehatan buatmu bib" tutur Nisfatin Saichu

"Jadi keingat masa kecilku  dulu sarungku banyak bekas latu rokoknya Habib karena pernah nginap di rumah selama 1 minggu gara-gara di ajak alm. Kyai Jawawi. Terus pernah ngobatin tetanggaku gara-gara menghina Habib di pikir orang tidak waras" tutur Muhammad Muji

Meskipun beliau sekarang tinggal di Nganjuk namun seringkali terlihat pula di Gresik. (https://khsblog.net)


Koleksi Foto Al Habib Bakar Bin Abu Bakar Assegaf






https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

DMCA.com
Anda sedang membaca Al Habib Bakar Bin Abu Bakar Assegaf. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Al Habib Bakar Bin Abu Bakar Assegaf, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Al Habib Bakar Bin Abu Bakar Assegaf dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya, apabila tidak mau menyebut sumber dari BLOG. Mohon jangan COPAS. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon bantu share. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan Liked FB Fanpage Mistikus Cinta - Follow Twitter @Mistikus_Sufi - Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta. Terima kasih.

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top