Mistikus Cinta

1
Sayyid Abdullah Mliwang
Sayyid Abdullah Ulama asal Hadramaut, Yaman.

Dikisahkan, Sayyid Abdullah berangkat dengan kapal bersama 167 ulama menuju Tanah Jawa. Mereka mengemban misi dakwah yang dikemas dalam kafilah dagang di Tanah Jawa. Sayyid Abdullah didampingi, Sayyid As’ari alias Sunan Bejagung, Sayyid Ibrahim Asmaraqondi dikenal sebagai Ibrahim Asmaraqondi.

Berdasarkan sejarahnya, beliau adalah ulama besar yang bertugas melakukan dakwah menyebarkan agama Islam di Nusantara.

Di kompleks makam Sayyid Abdullah juga terdapat satu makam lagi. Makam tersebut, merupakan makam dari sahabat Sayyid Abdullah, namanya juga Abdullah.

Makam Sayyid Abdullah

Makam Sayyid Abdullah keberadaannya di atas bukit, dan tepatnya berada di Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Masyarakat setempat menyebutnya dengan nama Mbah Buyut Sumber Banyu.

Di sisi barat makam Mbah Buyut Sumber Banyu, terdapat sebuah makam lagi. Diyakini warga, makam dengan ukuran cungkup (bangunan peneduh makam) lebih kecil ini merupakan makam abdi dari Mbah Buyut.



Sumber:

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Sayyid Abdullah Mliwang | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top