Mistikus Cinta

28
Syaikh Abdur Rahman al Maghribi  (Mbah Dalem)

Petilasan Mbah Dalem (Syaikh Abdur Rahman al Maghribi) berada di komplek Batu Tulis Bogor.

Petilasan Mbah Dalem berada di kawasan perkotaan, tepatnya di Jalan Lawang Gintung, Bogor Selatan, Jawa Barat dekat lokasi Prasati Batu Tulis.

Letak petilasan tersebut dikelilingi oleh pohon-pohon besar.

Selain itu petilasan Embah Dalem dibentuk seperti bangunan rumah dan di dalam bangunan tersebut terdapat bangunan yang di khususkan untuk letak petilasan Embah Dalem.

Syaikh Abdur Rahman al Maghribi (Mbah Dalem) adalah ulama dan guru besar di kerajaan Pajajaran dan sekaligus pula guru khususnya Kian Santang (paman dari Sunan Gunung Jati).

Mbah Dalem merupakan tokoh Sunda atau sesepuh Bogor yang berkeliling menyebarkan agama Islam.


Bagi pengunjung yang mengetahui dan ingin melengkapi perjalanan Syaikh Abdur Rahman al Maghribi (Mbah Dalem), silahkan mengisi komentar.







Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syaikh Abdur Rahman al Maghribi (Mbah Dalem) | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

  1. assalamu'alaikuum....

    saya pngn mngetahui nasab dan keturunan mbah ndalem.

    saya sering ktmu sama ulama" jatim.. k banyak kn beliu" ktika sdang ngobrol dg saya tiba" saya d kasih tw kalau saya msh ada keturunan dr syekh abdurrahman al-mghrobi...

    jujur selama ini saya tidak tau siapa yg d mksud oleh para ulama" jatim trsbut... jd mhon saya d beri tahu siapa sbnrnya mbah ndalem (syekh abdurrahman al-maghrobi) trsbut

    andre sidoarjo

    ReplyDelete
  2. saya pun menurut silsilah adalah keturunan Mbah Dalem juga... namun makamnya ada di kebumen. di kampung saya. sama seperti halnya mbah dalem yg tsb di atas, ia adalah keluarga kerajaan pajajaran. terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  3. mau tanya nih gan, kalau mbah dalem zakariya bogor itu siapa?

    ReplyDelete
  4. sayangnya keturunan Mbah dalem(makam yang di bogor)ini yg menyimpan cerita sejarah telah meninggal dan di kuburkan di karet bivak tapi keturunan berikutnya ada di daerah tanah abang tepatnya kampung bali kebetulan saya sedikit tau krn almarhumah maupun ibu saya (Almarhumah )pernah bercerita byk tentang sejarah Mbah Dalem yg di bogor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu yg meninggal ua ilyas klo ga salah,, masih ua sy kakak daei bpk sy, dan memang masih keturunan dari batu tulis, dan buku besar itu skrg di pegang kakak sepupu sy

      Delete
  5. saya jg sama ada keturunan dr mbah dalem sholawat bogor,sblom ua sy meninggal bliau prnah blang bhwa ada keturunan dr beliau.kebetulan uyut sy jg dr empang bogor dan bergelar raden namun msh lom terungkat sprti apa dan gmn?
    kpd anonymous tolong add fb sy yah... regy Van den bosch
    thank u...wasalam

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. Lokasi petilasan Embah Dalem berada di pinggi Jalan Lawang Gintung, Kelurahan Batu Tulis, Bogor Selatan, Kota Bogor.


      Delete
  7. Inshaa Allah saya akan ziarah ke mbah Dalem...

    ReplyDelete
  8. Maaf sebelumnya saya hanya ingin meluruskan saja tentang sejarah makam mbah dalem. Saya pernah melakukan mediumisasi terhadap leluhur yang ada di pemakaman mbah dalem. Dan ternyata di tempat itu bukanlah makam atau tempat di kuburkannya mbah dalem. Tapi hanya sebatas tempat persinggahan saja ayah handa prabu siliwangi. Mungkin teman teman juga sdh prnah mngetahuinya sebelum saya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini tidak disebutkan makam tetapi Petilasan yang artinya tempat persinggahan.

      Delete
  9. Itu Makam Admin, Beliau Adalah Kakek Dari Mbah Dalem Sholawat Empang Bogor, Keturunan Beliau Ada Di Wilayah Manggarai, Dan Itu Sahabat Saya, Dan ada Juga Mama Anjungan Nahcrowi tanah Baru Bogor Majlis Asha Shoghiri, Beliau Keturunannya Asli Admin,Walau Dari Perempuan,,, Wallohu a'lam bis showab...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan buka perguruan silat cimande kan .. itu ua sy kaka dari ayah sy

      Delete
  10. Saya keturunan adam dan hawa

    ReplyDelete
  11. Eyang Dalem memiliki nama asli Daeng Suri Lumbung Mangkatapu.. beliau adalah penasehat spiritual dr Baginda Prabu Siliwangi. Berasal dr Bone daerah di Sulawesi dan melakukan syiar Islam di Jawa Barat sampai akhirnya diangkat menjadi salah satu Penasehat Prabu Siliwangi.

    ReplyDelete
  12. Mbah dalem/syekh abdurrahman/tubagus abdurrahman/tubagus kanday adalah putra sultan Abul Mahasin Zaenal Abidin,adalah sultan banten ke 9. Syekh abdurrahman putra ke 25 beliau diutus ke bogor oleh sultan untuk menjadi penghulu Agama di bogor....keturunan beliau banyak ditinggal di sindang barang salah satu putra beliau adalah tubagus syariban/mbah sarijan yang diabadikan menjadi jalan tanjakan sarijan di panaragan bogor.

    ReplyDelete
  13. Embah dalem ada yg mengatakan beliau itu sayyid abdurrahman alyadrus ada juga yg mengatakan al maghrobi, anak beliau banyak di antara nya embah dalem raden jafar tangan, embah raden abdulloh , embah raden djaya

    Keturunan nya sangat banyak menyebar dinusantara

    Acara haul nya dilaksanakan setiap malam 27 rajab.

    Ini hasil obrolan saya dengan emak ating yg sebagai juru kunci ( kuncen )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg tau sejarah mbah japra yang di kebun raya bogor?

      Delete
    2. Emang akang dari mana?

      Delete
  14. Bagaimana dengan Sukaraja? Seperti nya masih ada hubungan erat dengan Sukaraja

    ReplyDelete
  15. Salamualaikum kang. Alhamdulillah kita bisa bersilaturahmi ya..., saya Deden asli keturunan Sukaraja Bogor.

    ReplyDelete
  16. Apakah Mbah dalem guru dari pangeran Jayakarta

    ReplyDelete
  17. Apakah Mbah dalem guru dari pangeran Jayakarta mohon penjelasan dan silsilah legkapnya

    ReplyDelete
  18. Maaf min, mau tanya... Di gunung Sindur juga ada 2 makam Mbah dalem, di desa cibadung dan di desa jampang, Apakah juga masih ada kaitannya dengan Mbah dalem batu tulis ?... Terimakasih

    ReplyDelete
  19. klo mbah lurah apakah masih keturunan atau kerabat mbah dalem batu tulis juga?

    ReplyDelete
  20. Mohon maaf kepada admin. Saya ingin tahu salsilah dari mbah dalem.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  21. Assalamualaikum. Sampurasun sdulur sadaya..salam silaturahmi ,salam rasa welas asah,asih asuh.salam silihwangian..salam buktos abdi ti bogor caket pisan k batu tulis..nu di simak ku kuring...sejarah seer versi na ny..mugia leluhur urg husus na mbah dalem batu tulis sing ageng ngahapunten bilih urg sdyana aya dna kalepatana..

    ReplyDelete

 
Top