Mistikus Cinta

4
Syekh Baringin Tebing Tinggi
Tuan Syekh Baringin adalah Ulama Tariqat Kharismatik di Kota Tebing Tinggi - Sumatera Utara. Beliau dikenal sangat sakti. Dikisahkan, Ketika Serdadu Jepang ingin menangkapnya di tempat persulukannya di Kampung Kebon Kelapa Tebing tinggi, tiba-tiba saja daerah itu menjadi hamparan telaga. 

Rumah Kediaman Tuan Syekh Baringin, yang dibangun sekitar awal tahun 1940-an, berbentuk Rumah adat Minangkabau, tempat asal beliau di Kabupaten Limo Puluh Kota. Rumah besar yang berdiri di Jl Syech Baringin - Sei Sigiling di Pinggiran Kota Tebing Tinggi ini, dahulu dipergunakan juga untuk mendidik murid-muridnya untuk bersilat, yang tergabung didalam Ikatan Pentjak Indonesia Sumatera Utara. 

Inilah Almanak untuk menentukan jatuhnya hari bulan hijriah. Hingga kini, turunan pengikut tariqat dari Syekh Baringin menggunakan Almanak ini. Sering terjadi perbedaan jatuhnya 1 Ramadhan dengan ketetapan pemerintah, tapi para pengikut tetap berkeyakinan menggunakan almanak yang bernama Tajrin ini. Almanak ini berasal dari Syekh Mudo Abdul Qodim Belubus (salah seorang guru Tuan Syekh Baringin di Suliki kab. 50 kota-Sumbar).

Almanak Tajrin

Almanak untuk mencari awal tiap-tiap bulan dari pada bulan Arab ini, cara melihatnya adalah: Mula-mula ambil angka huruf hijrah. Maka lihat dibawah angka tersebut huruf tahun dan dibawah huruf tahun nama hari. Insya Allah, inilah awal tiap-tiap bulan yang dikehendaki. 

Rumah Syekh Baringin Tebing Tinggi

Kondisi Rumah ini sudah sangat memprihatinkan. 

Makam Tuan Syekh Baringin.

Makam Syekh Baringin Tebing Tinggi

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syeikh Baringin Tebing Tinggi | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Assalamualikum pak. Bisakah saya mendapatkan imformasi yang lebih lengkap terkait sheikh bringing yang berupa buku terkait riwayat hidupnya ataupun keturunanya yang masih hidup? Tolonglah pak Bantu saya dalam penelitian skripsi saya ini

    ReplyDelete
  2. Sudah saya coba cari buku riwayat syekh...tapi tidak ada di toko buku manapun di tebing tinggi.....

    ReplyDelete
  3. Anak nya kan masih ada.klw perlu ni nmr hp saya biar saya tunjukan.

    ReplyDelete
  4. Itu uyut saya,,,,, khalifah ygada di tebing tinggi

    ReplyDelete

 
Top