Mistikus Cinta

1

Karamah Gus Akhlis Lirboyo

Gus Akhlis adalah putra bungsu KH Marzuqi Dahlan (Mbah Juqi; menantu Mbah Manaf pendiri Lirboyo. Pengasuh PP Lirboyo generasi kedua) ini perjalanan hidupnya banyak menyimpan kisah nyata maupun kisah misteri.

Diusia anak-anak beliau banyak keanehan pada prilakunya seperti memimpin baris berbaris sejumlah angsa dan di ceramahinya. Anehnya angsa pun nurut layaknya pasukan berbaris dan setia mendengar ceramah. 

Semua terdiam, kalau isi ceramah itu lucu angsa bersuara seakan mengerti, lalu diam kembali dan baru bersuara lagi saat ceramah usai kemudian membubarkan diri.

Pada suatu saat Mbah Juki bepergian selama beberapa hari meninggalkan rumah. Ketika itu ada beberapa santri yang setiap harinya privat mengaji pada sang Kyai. Entah sudah berapa hari lamanya pengajian itu libur karena Mbah Juki sedang pergi. 

Suatu hari Kang Santri sedang berjalan santai di persawahan belakang pondok bertemu dengan Gus Akhlis bemain disana. Lalu ia bertanya: Gus! abah sampun rawuh dereng Gus?

"Uwes!, sampean di tunggu awit maeng" jawab Gus Akhlis.

Santripun bergegas pulang ke asrama dengan buru-buru menyiapkan kitab dan alat mengaji dan secepatnya menuju ndalem untuk privat mengaji. 

Begitu masuk ndalem ternyata memang sudah ada sosok yang berselimut sang guru, sedang menunggu ditempat biasanya. Ia langsung duduk dihadapannya dan tidak berani menatap ke arah guru. Terdengar suara Mbah Juki 

"WES, NDANG DIWOCO!",

Santripun membaca. Namun hingga satu halaman lebih, satu katapun tidak ada yang ditegur salah, tidak seperti biasanya. Karena terasa ganjil akhirnya ia memberanikan diri melirik pada sang Kyai.

Wooww.... la dallaah.. ternyata Gus Akhlis berselimut Mbah Juki dan suaranya dibuat mirip sang abah.

Sering ketika Gus Akhlis menginginkan suatu barang yang di jual di toko, beliau akan ambil tanpa bayar, terkadang sang pemilik toko akan telepon ke PP Lirboyo mengabarkan.

Sang pemilik toko tidak akan berani marah marah karena konon tokonya akan bangkrut. Kasus terakhir yang mengalami kebangkrutan adalah POM Bensin sebelah barat.

Semoga beliau di panjangkan umur sehat walafiat dan kita mendapat luberan keberkahannya amin..

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Gus Akhlis Lirboyo | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top