Mistikus Cinta

0

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆُ ﺍﺑﻦُ ﺣَﺠَﺮٍ ﻓﻲ ﻓﺘﺎﻭﻳﻪ ﻣﺎ ﻧﺼُّﻪ ﺫِﻛْﺮُ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝِ ﻭَﺭَﺩَ ﻓﻲ ﻋِﺪَّﺓِ ﺃﺧﺒﺎﺭ ، ﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ﻭﻣﻨﻬﺎ ﻣﺎ ﻻ ﻳَﺼِﺢُّ  ﻭﺃﻣَّﺎ ﺍﻟﻘُﻄْﺐُ ﻓﻮَﺭَﺩَ ﻓﻲ
ﺑﻌﺾِ ﺍﻵﺛﺎﺭ

Alhafidz Ibnu Hajar Alhaitami di kitabnya Al Fatawa Al Haditsiyah mengatakan; telah datang berbagai macam-macam Hadits tentang Abdal, sebagian ada yang Sohih dan sebagian ada yang tidak Sohih. Adapun Wali Quthub hanya ada Atsar para Sahabat.

قال السيوطي في مقدمة الكتاب وبعد، فقد بلغني عن بعض من لا علم عنده إنكار ما اشتهر عن السادة الأولياء من أن منهم أبدالا ونقباء ونجباء وأوتادا وأقطابا، وقد وردت الأحاديث والآثار بإثبات ذلك، فجمعتها في هذا الجزء لتُستفاد، ولا يُعوّل على إنكار أهل العناد، وسميته: الخبر الدال على وجود القطب والأوتاد والنجباء والأبدال".

Alhafidz Imam Jalaluddin As Suyuthi berkata: telah sampai kepadaku tentang sebagian orang yang tidak berilmu, akan ingkarnya orang tersebut terhadap apa yang sudah masyhur dikalangan para kekasih-kekasih ALLAH, yaitu seperti Wali Abdal, Nuqaba', Nujaba', Autad dan Aqthab, padahal sungguh telah ada Hadits dan Atsar yang menetapkan hal tersebut, maka aku mengumpulkan hal tersebut dalam satu juz dan aku beri nama; Kitab Al Khobru Addallu ala Wujudil Quthb, wal Autad, Wannujaba, wal Abdal.

ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆُ ﺍﻟﺴُّﻴُﻮﻃِﻲُّ ﻓﻲ ﺍﻟﻨُّﻜَﺖِ ﺍﻟﺒﺪﻳﻌﺎﺕ ‏ﺹ 240  ﻣﺎ ﻧﺼُّﻪ ﺧَﺒَﺮُ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﺻﺤﻴﺢ
ﻭﺃﻗﻮﻯ ﻣﺎ ﺭﻭﻱ ﻓﻲ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺍﻹﻣﺎﻡُ ﺃﺣﻤﺪُ ﻓﻲ  ﻣﺴﻨﺪِﻩ ‏ﻣﺴﻨﺪ ﺍﻟﻌَﺸَﺮَﺓِ ﺍﻟﻤُﺒَﺸَّﺮﻳﻦَ ﺑﺎﻟﺠﻨَّﺔ  ﻋﻦ ﻋﻠﻲِّ ﺑﻦِ ﺃﺑﻲ ﻃﺎﻟﺐ ﻗﺎﻝ ﺳَﻴِّﺪُﻧﺎ ﻋﻠﻲُّ ﺑﻦُ ﺃﺑﻲ ﻃﺎﻟﺐ ": ﺳﻤﻌﺖُ ﺭﺳﻮﻝَ ﺍﻟﻠﻪ ، ﺻﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠَّﻢ ، ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝُ ﻳﻜﻮﻧﻮﻥَ ﺑﺎﻟﺸَّﺎﻡ ﻭﻫﻢ ﺃﺭﺑﻌﻮﻥَ ﺭﺟﻠًﺎ ﻛﻠَّﻤﺎ ﻣﺎﺕَ ﺭَﺟُﻞٌ ﺃَﺑﺪَﻝَ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻜﺎﻧَﻪ ﺭَﺟُﻠًﺎ  ﻳُﺴْﻘَﻰ ﺑﻬِﻢُ ﺍﻟﻐَﻴْﺚُ ﻭﻳُﻨْﺘَﺼَﺮُ ﺑﻬﻢ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﻋﺪﺍﺀ ، ﻭﻳُﺼْﺮَﻑُ ﻋﻦ ﺃﻫﻞِ ﺍﻟﺸَّﺎﻡِ ﺑﻬِﻢُ ﺍﻟﻌﺬﺍﺏُ ﻭﻫﻮ ﺣﺪﻳﺚٌ ﺻﺤﻴﺢٌ ﺛﺎﺑﺖ

Alhafidz Imam Jalaluddin As Suyuthi di kitabnya An Nukat Al Badi'at berkata: Hadits tentang Wali Abdal itu Sohih, diantaranya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad di dalam Musnadnya Al Asyrah Al Mubassyiriina bil Jannah, Dari Ali bin Abi Thalib berkata; aku mendengar Rasulullah bersabda; WALI ABDAL ITU ADA DI NEGERI SYAM (Syria, Lebanon, Palestine), mereka berjumlah 40 laki-laki tiap salah satu diantara mereka ada yang wafat maka ALLAH menggantinya, sebab mereka, hujan di turunkan, dan ditolong dari musuh-musuh dan karena mereka, adzab di palingkan dari penduduk Syam.

ﻣﺎ ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ ﻓﻲ ﺍﻷﻭﺳﻂ ﻋﻦ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﺃﻧﺲ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻗﺎﻝ : ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ": ﻟﻦ ﺗﺨﻠﻮ ﺍﻷﺭﺽ ﻣﻦ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺭﺟﻼ ﻣﺜﻞ ﺧﻠﻴﻞ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ،ﻓﺒﻬﻢ ﺗﺴﻘﻮﻥ ،ﻭﺑﻬﻢ ﺗﻨﺼَﺮﻭﻥ ، ﻣﺎ ﻣﺎﺕ ﻣﻨﻬﻢ ﺃﺣﺪ ﺇﻻ ﺃﺑﺪﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻜﺎﻧﻪ ﺃﺧﺮ " ﻗﺎﻝ ﻗﺘﺎﺩﺓ ﻟﺴﻨﺎ ﻧﺸﻚ ﺃﻥ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﻣﻨﻬﻢ ‏( ﺃﻱ ﺍﻟﺒﺼﺮﻱ ‏) ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ، ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺤﺎﻓﻆ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺍﻟﻬﻴﺜﻤﻰ ﻓﻲ ﻣﺠﻤﻊ ﺍﻟﺰﻭﺍﺋﺪ ﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺣﺴﻦ

Di riwayatkan Imam Thobrani di dalam kitabnya Al Mu'jam Al Ausath, dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda; BUMI INI TIDAK AKAN SUNYI DARI 40 ORANG LAKI-LAKI SEPERTI HATINYA NABI IBRAHIM, karena mereka hujan diturunkan dan umat Islam diberi pertolongan, tiap salah satu diantara mereka ada yang wafat maka ALLAH menggantinya. Qotadah berkata; dan saya tidak ragu lagi bahwa Hasan Al Bashri termasuk dari mereka (wali Abdal).

[Alhafidz Abul Hasan Al Haitsami di kitabnya Majma' Zawaid mengatakan; Sanad Hadits ini Hasan].

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﺎﺭﻑ ﺍﻟﻤﺮﺳﻲ : ﻛﻨﺖ ﺟﺎﻟﺴﺎ ﺑﻴﻦ ﻳﺪﻱ ﺃﺳﺘﺎﺫﻱ ﺍﻟﺸﺎﺫﻟﻲ ، ﻓﺪﺧﻞ ﻋﻠﻴﻪ ﺟﻤﺎﻋﺔ ، ﻓﻘﺎﻝ : ﻫﺆﻻﺀ ﺃﺑﺪﺍﻝ ، ﻓﻨﻈﺮﺕ ﺑﺒﺼﻴﺮﺗﻲ ، ﻓﻠﻢ ﺃﺭﻫﻢ ﺃﺑﺪﺍﻝ ، ﻓﺘﺤﻴﺮﺕ ، ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ : ﻣﻦ ﺑﺪﻟﺖ ﺳﻴﺌﺎﺗﻪ ﺣﺴﻨﺎﺕ ، ﻓﻬﻮ ﺑﺪﻝ ، ﻓﻌﻠﻤﺖ ﺃﻧﻪ ﺃﻭﻝ ﻣﺮﺍﺗﺐ ﺍﻟﺒﺪﻟﻴﺔ

Abul Abbas Almursi berkata: aku duduk di dekat guruku (Syekh Abu Hasan As Syadzili) kemudian datang segerombolan jamaah sowan kepada guruku. Syekh Abu Hasan Assyadzili lalu berkata; mereka inilah para Abdal, maka aku melihat mereka dengan mata hatiku tapi tidak mendapati mereka sebagaimana yang dikatakan guruku hingga aku bingung, maka guruku berkata: Barang siapa yang mengganti kejelekannya dengan kebaikan maka dia adalah Badal (kata jama' dari Abdal) maka aku tau kalau itu adalah tingkatan pertama wali Abdal.

يقول الحافظ ابن كثير في كتابه ( البداية والنهاية ) في ترجمه الشيخ  عبد الله الارمنى احد العباد الزهاد ، الذين جابوا البلاد وسكنوا البرارى والجبال والوهاد،  واجتمعوا بالأقطاب والابدال والأوتاد ، وممن كانت لهم الاحوال والمكاشفات والمجاهدات والسياحات  في سائر النواحى والجهات

Ibnu Katsir berkata di dalam Kitab Al Bidayah wan Nihayah menjelaskan tentang profil Syekh Abdullah al Armani, beliau (Syekh Abdullah) salah satu ahli ibadah yang zuhud yang mana mereka pergi dari rumahnya dan bertempat di gunung-gunung dan alas, dan mereka berkumpul dengan wali QUTHUB, Autad dan Abdal, beliau juga termasuk orang yang mempunyai ahwal, kasyaf, dan selalu mujahadah, dan mengembara di berbagai tempat.

قال بعض العارفين الصالحون كثير يخالطون للعوام لصلاح الناس في دينهم ودنياهم

Imam Al Yafii berkata di kitabnya Kifayatul Mu'taqid; sebagian Ahli Ma'rifat berkata; Orang-orang Sholih itu banyak, mereka berbaur dengan orang-orang awam guna untuk memperbaiki urusan agama dan dunia manusia.

واخرج الإمام احمد في الزهد وابن ابي الدنيا وابو نعيم والبيهقي وابن عساكر عن وهب بن منبه قال رأيت رسول الله صلى الله عليه وسلم في المنام فقلت يا رسول الله اين بدلاء امتك فاومأ بيده نحو الشام قلت يا رسول الله اما بالعراق من أحد قال بلي محمد بن واسع وحسان بن ابي سنان ومالك بن دينار الذي يمشي في الناس مثل زهد ابي ذر في زمانه

Imam Ahmad mentakhrij di dalam Kitabnya Az Zuhd, dan Ibnu Abid Dunya, Abu Nuaim, Imam Baihaqi dan Ibnu Asakir di Kitabnya Tarikh Dimasyq, mereka berkata; Dari Wahab bin Munabbih (seorang Tabiin) berkata; aku mimpi berjumpa Rasulullah, lalu aku bertanya;

Wahai Rasulullah, dimana Wali Abdal ummatmu? 

Maka Rasulullah memberi isyarat dengan tangannya ke arah Syam, kemudian aku bertanya lagi, apakah di Irak juga ada salah satu dari mereka? 

Rasulullah bersabda; benar, (yaitu) Muhammad bin Wasi', Hassan bin Abi Sinan dan Malik bin Dinar, mereka berjalan diantara manusia seperti zuhudnya Abu Dzarrin.

ﺃﺧﺮﺝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻧﺼﺮ ﺍﻟﻤﻘﺪﺳﻲ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻋﻠﻰ ﺗﺎﺭﻙ ﺍﻟﻤﺤﺠﺔ ﺑﺴﻨﺪﻩ ﻋﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺃﻧﻪ ﻗﻴﻞ ﻟﻪ ﻫﻞ ﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺍﻷﺭﺽ ﺃﺑﺪﺍﻝ ﻗﺎﻝ ﻧﻌﻢ، ﻗﻴﻞ ﻣﻦ ﻫﻢ ﻗﺎﻝ ﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﺤﺪﻳﺚ ﻫﻢ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﻓﻤﺎ ﺃﻋﺮﻑ ﻟﻠﻪ ﺃﺑﺪﺍﻻ ﻭﻗﺎﻝ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﻫﺎﺭﻭﻥ ﺛﻘﺔ ﻣﺘﻘﻦ ﻋﺎﺑﺪ ﺃﺣﺪ ﺍﻷﻋﻼﻡ ﺕ 206 ﻫـ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﻫﻢ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ‏( ﺍﻟﻤﻘﺎﺻﺪ ﺍﻟﺤﺴﻨﺔ

Imam Sakhowi berkata di kitabnya Al Maqashid Al Hasanah; Syekh Nashr Al Maqdasi mentakhrij di dalam kitabnya Al Hujjah Ala Tarikil Mahajjah dengan sanadnya dari Imam Ahmad bin Hambal sesungguhnya Imam Ahmad pernah ditanya, 

Apakah ALLAH mempunyai Abdal di muka bumi?
Beliau menjawab; Iya.
Kemudian dikatakan, siapa mereka?
Jika mereka bukan Ulama Ahli Hadits lalu siapa lagi?.
Yazid bin Harun (w 206) berkata; Wali Abdal adalah mereka yang ahli ilmu.
Alhafidz Waki' bin Al Jarrah (gurunya Imam Ahmad bin Hambal)

وعن مليح بن وكيع قال لما نزل بأبي الموت أخرج يديه فقال يا بني ترى يدي ما ضربت بهما شيئا قط قال مليح فحدثت بهذا داود بن يحيى بن يمان فقال رأيت رسول الله في النوم فقلت يا رسول الله من الأبدال قال الذين لا يضربون بأيديهم شيئا وإن وكيعا منهم

Dari putranya yakni Malih bin Waki' berkata: ketika ayahku sedang sakaratul maut, beliau mengeluarkan kedua  tangannya dan berkata; 

Wahai Anakku, kedua tanganku ini sama sekali tidak pernah memukul sesuatu pun. Kemudian aku ceritakan hal ini kepada Alhafidz Daud bin Yahya bin Yaman, Daud lalu berkata; Aku mimpi bertemu Rasulullah, dan aku bertanya; Wahai Rasulullah siapa wali Abdal itu?

Rasulullah bersabda: mereka adalah orang-orang yang tidak pernah menggunakan tangannya untuk kekerasan /memukul sesuatu apapun, dan Waki' termasuk dari mereka.

ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻟﺒﺨﺎري ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺑﻪ ﺍﻟﺘﺎﺭﻳﺦ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ 127|7 ‏ : ﻓﺮﻭﺓ ﺑﻦ ﻣﺠﺎﻟﺪ ﻣﻮﻟﻰ ﺍﻟﻠﺨﻢ ﻭﻛﺎﻥ ﻳﺴﻜﻦ ﻛﻔﺮ ﻏﻤﺎ ﺑﺎﻟﺸﺎﻡ ﻭﻛﺎﻧﻮﺍ ﻻ ﻳﺸﻜﻮﻥ ﺃﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﻣﺴﺘﺠﺎﺏ ﺍﻟﺪﻋﻮﺓ

Imam Bukhari (sohibul kitab Sahih Bukhari) berkata di dalam kitabnya  At Tarikh Al Kabir juz 7/127; Farwah bin Majalid, beliau bertempat di Syam, para ulama tidak meragukan kalau beliau termasuk wali Abdal serta mustajab doanya.

ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﺣﻤﺪ ﻛﻤﺎ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﻠﻞ  ﻟﻠﺪﺍﺭﻗﻄﻨﻲ ‏( 6/29 ‏) ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺮﺍﻕ ﺃﺣﺪ ، ﻓﺄﺑﻮ ﺇﺳﺤﺎﻕ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻫﺎﻧﺊ،وكان يحترمه ويجليه
وفي  السير للذهبي ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﺨﻄﻴﺐ : ﻛﺎﻥ ﺃﺣﺪ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﺭﺣﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺸﺎﻡ ﻭﺍﻟﻌﺮﺍﻕ ﻭﻣﺼﺮ ﻭﺍﻟﺤﺠﺎﺯ

Daruquthni mengutip ucapan Imam Ahmad di dalam Kitab Al 'ilal; Imam Ahmad berkata; jika di Irak terdapat salah satu wali Abdal maka Abu Ishak Ibrahim bin Hanik lah orangnya. Imam Ahmad begitu memuliakan dan menghormati Abu Ishak. 

Di kitab سير أعلام النبلاء, Imam Khotib berkata; Abu Ishak adalah salah satu wali Abdal, beliau melakukan rihlah ke negeri Syam, Irak, Mesir dan Hijaz.

قال سهل بن عبدالله صارت الابدال ابدالا بأربعة قلة الكلام وقلة الطعام وقلة المنام واعتزال الانام

Sahal bin Abdullah Tustari berkata; seseorang menjadi wali Abdal karena 4 hal;
  • Sedikit bicara,
  • Sedikit makan,
  • Sedikit tidur, dan
  • Mengasingkan diri dari keramaian manusia (untuk beribadah dengan Tuhannya)
DARI KALANGAN HANABILAH

ﺃﻳﻮﺏ ﺑﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺭ ﺑﻦ ﺯﻳﺎﺩ ﺑﻦ ﺍﻟﻨﺠﺎﺭ ﺍﻟﻴﻤﺎﻧﻲ
ﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ: ﺷﻴﺦ ﺛﻘﻪ ﺭﺟﻞ ﺻﺎﻟﺢ ﻋﻔﻴﻒ . ﻗﺎﻝ ﻣﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﻣﻬﺮﺍﻥ ﺍﻟﺮﺍﺯﻱ : ﻛﺎﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ
ﺗﻬﺬﻳﺐ ﺍﻟﻜﻤﺎﻝ٤٩٩  ٣

AYYUB BIN NAJJAR BIN ZIYAD AL YAMAN

Alhafidz Jamaluddin Al Mizzi menyebutkan di dalam kitabnya Tahdzibul Kamal;

Imam Ahmad berkata: Beliau Syekh yang Tsiqah (dapat dipercaya) dan seorang lelaki Sholih yang berbudi luhur.

Muhamad bin Mahran Ar Razi; dikatakan bahwa beliau termasuk wali Abdal.

ﻭﻋﻦ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺍﻟﺤﺮﺑﻲ ﻗﺎﻝ : ﻣﻀﻴﺖ ﻳﻮﻣًﺎ ﻣﻊ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﺠﺎﻣﻊ، ﻓﺒﻴﻨﺎ ﻧﺤﻦ ﻧﻤﺸﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻄﺮﻳﻖ ﻗﺎﻝ ﻗﺎﺋﻞٌ : ﻳﺎ ﺃﺑﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﺑﺸﺮٌ ﻭﺭﺍﺀﻙ . ﻓﻮﻗﻒ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺑﻤﻦ ﻣﻌﻪ، ﻓﺠﺎﺀ ﺑﺸﺮٌ، ﻓﻼ ﻫﺬﺍ ﺳﻠّﻢ ﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ، ﻭﻻ ﻫﺬﺍ ﺳﻠّﻢ ﻋﻠﻰ ﻫﺬﺍ، ﻭﻣﺮَّ ﺑﺸﺮٌ، ﻓﻘﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ : ﺳﺒﺤﺎﻥ ﺍﻟﻠﻪ، ﻣﺎ ﺃﻋﻘﻠﻪ، ﻣﻦ ﻗﺮﻧِﻪِ ﺇﻟﻰ ﻗﺪﻣِﻪِ ﻋﻘﻞ. كتاب تاريخ  دمشق ١٠/١٩٣

BISYR BIN ALHARITS AL HAFI

Ibrahim bin Alharbi berkata; suatu hari aku bersama Imam Ahmad bin Hambal menuju masjid jami' dan saat di tengah jalan, tiba-tiba ada orang yang berkata: wahai Aba Abdillah, Bisyr ada di belakangmu, maka Imam Ahmad berhenti dan Bisyr datang, namun ini (Bisyr) tidak menyalami ini (Imam Ahmad) dan Imam Ahmad juga tidak mengucapkan salam kepada Bisyr, setelah kedua-duanya saling diam, Bisyr pun berlalu, dan Imam Ahmad berkata; Subhanallah, alangkah cerdasnya Bisyr. Bisyr Al Hafi tidak pernah memakai sandal (delamak).

Memang benar, orang yang hatinya bersih akan mengetahui isi hati orang lain, Ibnul Qoyyim menamakan ini dengan firasat, jika saling bersih hatinya maka bisa kontak batin sebagaimana Imam Ahmad dan Bisyr al Hafi, tidak mungkin Imam Ahmad seorang Ulama besar hanya diam saja kemudian beliau memuji Bisyr setelah lewat, tanpa menyapa atau memberi salam.

ﻗﺎﻝ ﻣُﺤَﻤَّﺪُ ﺑﻦُ ﺍﻟﻤُﺜَﻨَّﻰ ﻷﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﻨﺒﻞ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ : ﻣﺎ ﺗﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﻘﺎﻝ : ﺃﻱ ﺭﺟﻞ ﻗﻴﻞ : ﺑﺸﺮ، ﻓﻘﺎﻝ : ﺳﺄﻟﺘﻨﻲ ﻋﻦ ﺭﺍﺑﻊ ﺳﺒﻌﺔ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ
ﺗﺎﺭﻳﺦ ﺑﻐﺪﺍﺩ ١٠/ ٥٥٢

Muhammad bin Al Mutsanna bertanya kepada Imam Ahmad bin Hambal, apa komentarmu terhadap Bisyr Al Hafi??

Imam Ahmad menjawab; kamu bertanya tentang orang keempat dari tujuh wali Abdal.
(Tarikh Baghdad karya imam Khotib Al Baghdadi : 10/552)

ﺃﺑﻮ ﺗﻮﺑﺔ ﺍﻟﺮﺑﻴﻊ ﺑﻦ ﻧﺎﻓﻊ ﺍﻟﺤﻠﺒﻲ
ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﺍﻷﺛﺮﻡ : ﺳﻤﻌﺖ ﺃﺑﺎ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻭﺫﻛﺮ ﺃﺑﻨﺎ ﺗﻮﺑﺔ ﻓﺄﺛﻨﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﻗﺎﻝ : ﻻ ﺃﻋﻠﻢ ﺇﻻ ﺧﻴﺮﺍ ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ : ﻛﺎﻥ ﻳﻘﺎﻝ ﺇﻧﻪ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ
ﺍﻟﺴﻴﺮ ١٠ /٦٥٣

ABU TAUBAH RABI' BIN NAFI' AL HALABI

Abu Bakar Al Atsram berkata; aku mendengar Aba Abdillah memuji Abu Taubah dan berkata: Abu Taubah adalah orang yang baik. Abu Daud berkata; Abu Taubah termasuk Wali Abdal.
(Siyaru A'lam An Nubala' karya Addzahabi: 10/653)

ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ﺑﻦ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﺠﻌﻔﻲ
ﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ ﻣﺎ ﺭﺃﻳﺖ ﺃﻓﻀﻞ ﻣﻦ ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ﺍﻟﺠﻌﻔﻲ ﻗﺎﻝ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﻳﺤﻴﻰ ﺍﻟﺘﻤﻴﻤﻲ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺑﻘﻲ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﺃﺣﺪ ﻓﺤﺴﻴﻦ ﺍﻟﺠﻌﻔﻲ
ﺍﻟﺴﻴﺮ ٩/ ٣٩٧

AL HUSAIN BIN ALI AL JU'FI

Imam Ahmad bin Hambal berkata:
Yahya bin Yahya At Tamimi berkata; jika masih ada Wali Abdal, maka Husain Al Ju'fi adalah salah satu darinya.

ﻋﻤﺎﺩ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺇﺑﺮﺍﻫﻴﻢ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻮﺍﺣﺪ ﺑﻦ ﺳﺮﻭﺭ ﺍﻟﻤﻘﺪﺳﻲ
ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺬﻫﺒﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﺴﻴﺮ ٢٢/٤٧ - ٥٢
ﻭﺣﺪﺛﻨﻲ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺍﻟﻤﻘﺮﺉ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﺑﻦ ﺣﺴﻦ ﺍﻟﻬﻜﺎﺭﻱ ﺑﺤﺮﺍﻥ ﻗﺎﻝ ﺭﺃﻳﺖ ﻓﻲ ﺍﻟﻨﻮﻡ ﻗﺎﺋﻼ ﻳﻘﻮﻝ ﻟﻲ شﺍﻟﻌﻤﺎﺩ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ ﻓﺮﺃﻳﺖ ﺧﻤﺲ ﻟﻴﻞ ﻛﺬﻟك‏

IMADUDDIN IBRAHIM BIN ABDUL WAHID AL MAQDISI

Imam Dzahabi menterjamahkan beliau di dalam kitabnya Siyaru A'lam Annubala'; telah mengkhabariku Syekh Al Muqri' Abdullah bin Hasan Al Hakari berkata: aku bermimpi ada yang mengatakan kepadaku; Imadud Din Ibrahim termasuk Wali Abdal, dan mimpi itu berulang sampai 5 malam.

ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﻣﺴﻠﻢ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ  ﻭﻳﻘﺎﻝ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺍﻟﺠﻮﺩ ﺍﻟﻔﺎﺭﺳﻲ، ﺛﻢ ﺍﻟﺤﻮﺭﻱ
ﻗﺎﻝ ﻓﻲ ﺫﻳﻞ ﺍﻟﻄﺒﻘﺎﺕ ٢ /٤٤٣
ﻭﺫﻛﺮﻩ ﺃﺑﻮ ﺷﺎﻣﺔ ﻓﻘﺎﻝ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﺍﻷﺑﺪﺍﻝ، ﻻﺯﻣﺎ ﻟﻄﺮﻳﻖ ﺍﻟﺴﻠﻒ ﺃﻗﺎﻡ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﺳﻨﺔ ﻟﻢ ﻳﻜﻠﻢ ﺃﺣﺪﺍ

AL HASAN BIN MUSLIM BIN AL HASAN

Ada yang mengatakan Abul Hasan bin Abil Jud Alfarisi.
Abu Syamah (gurunya Imam Nawawi) berkata; Al Hasan bin Muslim termasuk Wali Abdal, beliau selalu berada di jalan salafus shalih, selama 40 tahun beliau tidak pernah berbicara kepada siapapun.

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Wali Abdal dari Kalangan Ulama Madzab Hanabilah | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top