Mistikus Cinta

0
Makam Syekh Sentono Dhowo adalah makam para murid-murid dari Syekh Subakir yang memilih tinggal dan berdakwah di wilayah Penataran Blitar.

Makam “Syeh Sentono Dhowo” di Utara Candi Penataran, Nglegok, Blitar, Jawa Timur. di dalam kompleks makam Syeh Sentono Dhowo tokoh yang dimakamkan, yaitu Syaikh Badrul Alim dan Syaikh Badrul Zaman. Makam Syaikh Badruddin, sebuah makam yang berada di bagian ujung Selatan, dekat dengan kantor Paseban Makam Syeh Sentono Dhowo.

Ketiga tokoh yang dimakamkan di Paseban Makam “Syeh Sentono Dhowo” Utara Candi Penataran, Nglegok, Blitar merupakan sahabat Syaikh Subakir (sang waliyullah yang menumbali Tanah Jawa). Dan konon, tokoh ke-4 nya dimakamkan di Puncak Gunung Gedang Blitar. Dan keempat tokoh tersebut antara lain:
  1. Syaikh Badruddin (makamnya berada di Ujung Selatan dalam areal Paseban Makam Syeh Sentono Dhowo)
  2. Syaikh Badrul Alim (makamnya berada di pojok Barat Masjid dalam areal Paseban Makam Syeh Sentono Dhowo). Dan tepat di Barat makam tokoh ini, merupakan pejuang-pejuang yang ikut mengelola makam Auliya Syeh Sentono Dhowo.
  3. Syaikh Badrul Zaman (makamnya berada di pojok Barat Masjid dalam areal Paseban Makam Syeh Sentono Dhowo). Dan tepat di Barat makam tokoh ini, merupakan pejuang-pejuang yang ikut mengelola makam Auliya Syeh Sentono Dhowo.
  4. Syaikh Marzuqi (makamnya berada di Puncak Gunung Gedang Blitar)
Makam Syekh Badrul Alim dan Syekh Badrul Zaman
Para peziarah Makam “Syeh Sentono Dhowo” di utara Candi Penataran tidak hanya dari kaum Islam saja, tetapi juga berasal dari berbagai agama dan aliran apapun. Yang berziarah ke makam tersebut terkadang menggunakan busana muslim, Kejawen, Arab, Cina, Nasional, Hindu, Buddha, itu tidak masalah.

Paseban Makam “Syeh Sentono Dhowo” mulai dibangun tahun 1984, saat gencar-gencarnya peristiwa Petrus. Menurutnya, pembangunan itu juga atas petunjuk para kiai berikut, antara lain:
  1. Mbah Kyai Dimyathi Baran, Selopuro, Blitar
  2. Mbah Kyai Salamun Sawahan, Kanigoro, Blitar (murid dari Mbah Kyai Dimyati Baran)
  3. Mbah Kyai Jaelani Jengglong, Lodoyo, Blitar (murid dari Mbah Kyai Dimyathi Baran dan Mbah Kyai Abbas Fakih Sekardangan)
  4. Mbah Kyai Abu Naim Kandangan
  5. Mbah Kyai Joyo Ngalim (murid dari Mbah Kyai Abu Naim Kandangan)
  6. Mbah Kyai Ahyar Klece
  7. Mbah Kyai Yusuf Sanankulon.
Pendopo Paseban Makam Syeh Sentono Dhowo

Konon ketika mau membangun makam Syaikh Subakir, beberapa dari para kyai tersebut menyatakan bahwa kalau ingin membangun makam Syaikh Subakir (yang berada tepat di Utara Candi Penataran), seharusnya ziarah dahulu ke makam Syeh Sentono Dhowo. Dari sinilah, akhirnya mereka mencari Paseban Makam “Syeh Sentono Dhowo.”



https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

Anda sedang membaca Ziarah Makam Syekh Sentono Dhowo Penataran Blitar. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Ziarah Makam Syekh Sentono Dhowo Penataran Blitar, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Ziarah Makam Syekh Sentono Dhowo Penataran Blitar dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya. Silahkan Liked - Follow FB Fanpage Mistikus Cinta | Follow Twitter @Mistikus_Sufi | Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta | Silahkan kunjungi Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.


Sebarkan via LINE - WA:

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top