Mistikus Cinta

0
Sunah Dalam Memakai Cincin
Pernyataan Imam al-Nawawi, “Muslim sepakat bahwa pria disunahkan untuk memakai cincin mereka pada jari kelingking” adalah berdasarkan hadits, “Nabi Suci (s) memakai cincinnya pada jari kelingking di tangan kirinya” (Sahih Muslim, Sunan al-Nasa’i, Musnad Ahmad dsb.)

Namun demikian, ini bukan berarti merupakan hal yang ekslusif, melainkan bahwa siapa yang melakukan hal ini berarti mengikuti sunah.

Sedangkan untuk pemakaian cincin pada jari manis (baik di tangan kiri maupun tangan kanan), ada pendapat yang berbeda, baik yang setuju maupun yang menentangnya. 

Syekh `Abd Allah al-Lahji di dalam Muntaha al-Sul (1:547), yang merupakan komentar besarnya pada Wasa’il al-Wusul ila Syama’il al-Rasul, dari al-Nabhani mengatakan bahwa, “Tidak ada hadits apapun yang menyebutkan tentang jari manis, apakah diriwayatkan dari Nabi (s) atau salah satu Sahabat… oleh sebab itu sunahnya adalah memakainya pada jari kelingking.”

Namun demikian, klaim bahwa tidak ada hadits seperti itu (yang menyebutkan jari manis) adalah tidak benar karena ada hadits-hadits sebagai berikut:

(i) Hadits dari Sayyidina `Ali (semoga Allah memuliakan wajahnya), “Nabi (s) melarangku untuk memakai cincin di jari ini dan jari ini,” dan beliau menunjuk jari telunjuk dan jari tengah (Sahih Muslim). Hal ini menunjukkan bahwa (memakainya di) ibu jari, jari manis dan jari kelingking adalah dibolehkan;

(ii) Hadits dari Abu Musa al-Asy`ari (r): “Nabi (s) melihatku memindahkan cincinku dari jari telunjuk ke jari tengah dan beliau berkata, “Memakai cincin hanyalah untuk jari ini dan jari ini,” dan beliau menunjuk pada jari kelingking (khinsir) dan jari manis (binsir) (Musnad al-Ruyani 1:324 §490). Hal ini menegaskan hadits sebelumnya untuk penggunaan jari manis dan jari kelingking, tetapi tidak termasuk ibu jari.

Oleh karena itu posisi yang benar adalah sebagaimana yang dikatakan oleh Syekh Sulayman al-Jamal di dalam komentarnya pada Syama’il-nya al-Tirmidzi di mana beliau berkata, “Sunah telah terpenuhi sepanjang cincin dipakai pada salah satu dari kedua jari terakhir dari tangan,” sebagaimana yang telah kami sebutkan di dalam artikel : http://eshaykh.com/uncategorized/wearing-stones/


Shaykh Gibril Fouad Haddad

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Sunah Dalam Memakai Cincin | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top