Mistikus Cinta

1
Jabal Qaf
Penjelasan Mengenai Jabal (Gunung) Qaf

Ibn Abi al-Dunya dan Abu al-Syeykh meriwayatkan dari Ibn `Abbas (ra), “Allah telah menciptakan sebuah gunung yang disebut Qaf yang mengelilingi dunia, yang akarnya berasal dari batu di mana bumi berpijak. Setiap kali Allah ingin mengguncang sebuah kota, Dia memerintahkan gunung itu untuk mengguncangkan akarnya yang berada di kota itu. Itulah sebabnya gempa bumi dapat terjadi di beberapa tempat terpisah dari yang lain.” Ibn al-Mundzir, Abu al-Syeykh di dalam al-Azhama, al-Hakim dan Ibn Marduyah semuanya menceritakan dari `Abd Allah bin Burayda dalam penafsiran tentang (Qaf) (50:1) “Itu adalah sebuah pegunungan zamrud yang mengelilingi dunia, di mana kedua sisi langit berpijak.”

Imam al-Suyuti menyebutkan di dalam al-Durr al-Mantsur, bahwa `Abd al-Razzaq meriwayatkan dari Mujahid: “Qaf adalah sebuah gunung yang mengelilingi dunia.” Imam al-Baghawi menyebutkan di dalam Tafsir Ma`alim al-Tanzil dari `Ikrima dan al-Dahhak: “Qaf adalah sebuah gunung zamrud hijau yang mengelilingi bumi seperti dinding yang mengelilingi sebuah taman. Sisi langit ditegakkan di atasnya, sehingga ia berwarna biru.” Yang lain seperti Ibn Katsir dan al-Alusi menyangkal laporan di atas sebagai tidak autentik atau kisah dari Bani Israil saja. Dan Allah Maha Mengetahui.


Sumber:
eshaykh, 16 December 2012 - Shaykh Gibril Fouad Haddad


Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Kaitan Gempa Bumi Dan Jabal Qaf | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top