Mistikus Cinta

0
Menurut data sejarah, Leran adalah pesisir utara Pulau Jawa yang pertama tempat bermukimnya para perantauan dari Cina terbukti adanya sisa-sisa kehidupan Bandar abad 10-15 m dengan sebuah situs pasucian.

Di Desa ini terletak Makam “SITI FATIMAH BINTI MAIMUN”, yang menurut data archeologi merupakan Makam Islam tertua di Asia Tenggara. Bentuk Makamnya sangat unik, karena berbentuk Cungkup yang dinding dan atapnya semua terbuat dari batu putih kuno.

Tokoh ini dikenal pula dengan sebutan: “PUTRI RETNO SUWARI” Putri dari Sultan Machmud Syah Alam dari Negeri Kamboja yang dengan ikhlas menyediakan dirinya sebagai wanita persembahan untuk mengislamkan Raja Mojopahit yang beragama Hindu. Kalaupun arsitektur Cungkup Makam beliau mirip dengan bentuk Candi, konon ceritanya Cungkup tersebut memang dibangun oleh Raja Mojopahit untuk menebus perlakuannya yang kurang bersahabat terhadap utusan Raja Kamboja yang ternyata bermaksud baik. Haul Makam Leran jatuh pada tanggal 15 Syawal.

Makam ini terletak di Desa Leran Kecamatan Manyar di tepi jalan Daendeles (jalan pantai utara jawa) 7 km dari sebelah barat laut Aloon-aloon Kota Gresik, sehingga sangat mudah di jangkau dengan dengan transportasi umum. Di Desa itu pula terdapat Masjid yang pertama didirikan oleh Malik Ibrahim sebagai pusat Syiar Islam dengan keistimewaan adanya kolam tempat berwudhu yang dinamakan “PESUCINAN”, yang sampai sekarang masih dipercaya sebagian orang airnya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.
Setya Sastrodimedjo

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Siti Fatimah Binti Maimun | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top