Mistikus Cinta

0
Mbah Bolong
Mbah Sonhaji terkenal dengan julukan Mbah Bolong. Ini bukan gelar kosong. Beliau adalah salah seorang murid Sunan Ampel yang juga mempunyai karomah luar biasa.

Dulu, pada waktu pembangunan Masjid Agung Sunan Ampel, Sonhaji-lah yang ditugasi mengatur letak pengimamannya. Sonhaji bekerja dengan tekun dan penuh perhitungan, jangan sampai letak pengimaman tidak menghadap ke kiblat.

Tapi setelah bangunan itu jadi banyak orang yang meragukannya. “Apa betul letak pengimaman masjid ini menghadap ke kiblat?” demikian tanya orang banyak yang meragukan pekerjaan Sonhaji.

Sonhaji tidak menjawab melainkan melubangi dinding pengimaman sisi barat lalu berkata “Lihatlah lewat lobang ini. Nanti kalian akan tahu apakah pengimaman ini sudah menghadap kiblat atau belum?”.

Orang-orang segera berebut melihat ke dalam lobang yang di buat Sonhaji. Ternyata dari dalam lobang itu mereka dapat melihat Ka’bah yang di Mekkah.

Orang-orangpun kagum semua. Sejak itu mereka tidak berani menganggap remeh pada Sonhaji. Dan Sonhaji akhirnya mendapat julukan Mbah Bolong. Makam Mbah Sonhaji ada di belakang Masjid Agung Sunan Ampel tidak jauh dari makam Sunan Ampel.






Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Mbah Sonhaji (Mbah Bolong) | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top