Mistikus Cinta

0
Mustna bin Haritsah
Nama sebenarnya al-Mustna bin Haritsah bin Salamah as-Syaibani. Konon, beliau masuk Islam pada tahun 9 Hijriah. beliau adalah seorang ahli perang yang sangat berani. Tidak takut dengan petualangan.

Suatu hari datang kepada Abu Bakar setelah diangkat menjadi kholifah. Beliau bertanya; “Wahai Kholifah Allah, di kaumku banyak yang berislam. Silahkan perintahkan aku untuk kami sampaikan kepada mereka. Hingga diriku siap berjihad melawan musuh-musuh Allah; orang Persia. Cukuplah kamu percayakan padaku.”

Khalid bin Walid pernah memberikan tugas kepada beliau untuk mengusir bangsa Persia setelah kekalahan dan lari mencari perlindungan ke Ablah. Beliaupun berhasil mengusirnya. Pada masa kholifah Abu Bakar, beliau orang pertama yang memulai peperangan ke negeri Persia. Berita peperangan itu didengar oleh yang lainnya. Abu Bakar pun bertanya; “Siapa yang berani membawa kabar penyerangan itu kepada kami padahal belum diketahui nasabnya?” Ada orang menjawab: “Dia itu orangnya pintar dan nasabnya terkenal. Mampu membawa banyak tentara dan pandai menyerang musuh. Dia alah al-Mutsna bin Haritsah as-Syaibani.” Setelah itu beliau diundang kehadapan Abu Bakar. Abu Bakar pun memberikan penghormatan sebagaimana mestinya.

Sebelum memulai penaklukan negeri Persia, Abu Bakar mengirim Sa’ad bin Abu Waqos untuk membantu beliau. Pada waktu peperangan al-Jasr dimana umat Islam kalah, beliau terkena luka parah. Akibat luka parahnya itu, beliau menghembuskan nafas terakhir pada tahun 14 Hijriah



Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Mustna bin Haritsah | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top