Mistikus Cinta

0
"Sufi adalah orang yang telah meninggalkan dunianya, Hari Akhiratnya, dan Kehadirat Ilahi di belakang mereka dan hidup menyatu dengan-Nya."

- Abu Ahmad as-Sughuri q.s. -

Abu Ahmad as-Sughuri lahir di Sughur, sebuah desa di Daghestan pada hari Rabu, 3 Rajab 1207H/1789 Masehi. Beliau adalah Penerus Ilmu Rasulullah (saw) di masanya. Beliau melepaskan dahaga spiritualnya dengan minum dari sumber Pengetahuan Surgawi dan mencapai maqam fana pada usia 30 tahun. Beliau adalah puncak para Wali Allah yang zuhud pada masanya. Jika seseorang muncul dalam kehadiratnya, walaupun hanya sejam, dia akan diangkat ke Maqam Pendengaran dan Maqam Pengelihatan Ilahiah.

Beliau pernah berkata:
"Aku tidak tergantung pada upaya murid, tetapi Aku bergantung kepada cahaya yang Allah ta'aala berikan kepadaku untuk murid itu. Aku mengangkatnya dengan cahaya itu, karena Aku tahu tidak mungkin orang itu meraih Maqam Tanpa Sekat dengan usahanya sendiri. Itulah makna dari doa Rasulullah (saw), 'Ya Allah, jangan tinggalkan Aku kepada egoku walau hanya sekejap.'

Orang yang dapat mencapai Realitas di Jalan ini sangat jarang. Dengan kekuatan Realitas itu, orang dapat meraih semua Wali Allah di dunia ini, dan dengan Kekuatan Ilahiah yang diberikan kepada kalian saat kalian mencapai Realitas (Hakikat) dari Jalan ini, kalian dapat meraih semua malaikat, satu demi satu. Di jalan ini, meng-agung-agungkan sesuatu selain Allah adalah kafir."

Sayyid Abu Ahmad as-Sughuri qs. wafat di Sughur pada tanggal 17 Rabi'ul-Awwal 1299/1882 Masehi pada usia 93 tahun.





Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Abu Ahmad as-Sughuri q.s | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top