Mistikus Cinta

0
Syeikh Raghib At-Thabakh, Guru Syeikh Al-Albani

Beliau ialah Syeikh Muhammad Raghib ibn Mahmud ibn Syeikh Hasyim At-Thabakh, biografinya terdapat dalam kitab ijazahnya yang dimiliki oleh Syeikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani iaitu ‘Al-Anwar Al-Jaliyah Fi Mukhtasar Al-Atsbat Al-Halabiyah’.

Beliau telah khatam Qur’an di umur yang masih kecil, kemudian beliau masuk ke Madrasah Al-Manshuriyah. Beliau termasuk murid yang cerdas dan dikenal banyak menghafal matan-matan kitab, seperti kitab al-Ajrumiyah, Maraqi Falah, Alfiyah Ibn Malik, Al-Baiquniyyah, As-Salam dalam mantiq, dan lain-lain dari berbagai matan kitab ilmu.

Guru-gurunya
Dalam qira’at: Al-Allamah Syeikh Muhammad Afandi dan Syaikh Khalid, Al-Faqih Afandi Az-Zarqa, Syeikh Abdussalam Al-Kurdi, Syaikh Ahmad Al-Badawi, Syeikh Al-‘Adib Muhammad Ridha Al-Za’im, Syeikh Syihab Ahmad Ash-Sha’buni Al-Hamudi, Al-Allamah Muhammad Siroj dan lainnya, riwayat mereka terdapat dalam Tarikh Halab karya Syeikh Raghib.

Dalam hadis: Al-Allamah Al-Muhadis Muhammad Syarifulhaq Al-Hindi, Al-Allamah Muhammad Ridho Al-Za’im, Syeikh Muhammad Khalid Al-Atasi, Syeikh Thahir ibn Shalih Al-Jazairi, Al-Allamah Badruddin Ad-Dimasyqi, Syeikh Muhammad Jafar Al-Katani, Syeikh Al-Musnad Muhammad Kamal Al-Habrawi Al-Halabi, Syeikh Sayyid Abdul Hayy Al-Katani, Syeikh Yusuf An-Nabhani, Syeikh Habbibullah Asy-Syanqithi, Al-Allamah Muhammad ‘Atha Al-Hanafi, Syeikh Abdus Sattar Ash-Shadiqi, Syeikh Abu Bakar Muhammad Arif Khauqir dan lainnya.

Tulisan-tulisannya
‘Alam An-Nubala bi Tarikh Halab, Al-Anwar Al-Jaliyah Fi Mukhtasar Al-Atsbat Al-Halabiyah, ‘Adhotul Abna’a Bi Tarikh Al-Anbiya, Asy-Syaqafah Al-Islamiyah dan lainnya. Beliau juga aktif menulis dalam majalah-majalah Islam di Syam.

Murid-murid beliau
Beliau memiliki banyak murid yang membaca kepadanya di Madrasah Asy-Syar’iah di Halab yang mana beliau adalah pengajar dan mudir disana. Diantara muridnya yang terkenal adalah Syeikh Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Syeikh Abdullah Shidiq al-Ghumari. Kedua orang muridnya ini kemudian dikenal sangat memusuhi salah satu murid terbaiknya, Syeikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani.

Ada kisah unik bahwa ternyata Syeikh Al-Albani tidak mendatangi Syeikh Raghib Thabakh tetapi Syeikh Raghiblah yang mendatanginya. Dahulu Ustadz Muhammad Al-Mubarak menceritakan kepada Syeikh Ath-Thabbakh tentang keberadaan seorang pemuda yang serius mempelajari ilmu-ilmu hadits dan keunggulan beliau dalam ilmu itu.

Setelah Syeikh At-Thabakh memeriksa kebenarannya, betapa kagumnya syeikh melihat Al-Albani yang waktu itu masih muda belia tapi pandai dalam ilmu hadits sehingga beliau lalu memberi ijazah riwayat sebagai penghormatan dan pengakuan darinya [Ulama wa Mufakkiruun 'araftuhum karya Ustadz Muhammad Al-Majdzuub I/288], dan bukan pemuda Al-Albani yang memintanya.

Pada waktu itu Syeikh Raghib memberikan kitabnya, Al-Anwar Al-Jaliyyah fi Mukhtashar Al-Atsbat Al-Halabiyah dan ia bubuhi dengan ijazah-ijazahnya dari guru-gurunya. Antara keduanya memang ada kesamaan yaitu bahwa keduanya memiliki banyak koleksi manuskrip dalam hadits, fiqh, adab dan lainnya.

Wafatnya
Beliau wafat pada bulan Ramadhan tahun 1370 H di Halab.

Sumber :



Setya Sastrodimedjo

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syeikh Raghib At-Thabakh | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top