Mistikus Cinta

0
Mursyid Ke-5
Jafar as-Sadiq alayhi-s-salam (Semoga Allah Berikan Kedamaian)

"Saya telah menemukan - dan tidak berlebihan di alam ini -
bahwa dia yang rezeki saya akan datang kepadaku.
Aku lari ke Dia, dan pencarian saya untuk dia adalah penderitaan bagi saya.
Apakah aku untuk duduk diam, dia akan datang kepadaku tanpa menyebabkan kebingungan. "
`Urwa ibn Adhana.


Jafar as-Sadiq Bin Imam Muhammad al-Baqir, putra Al-Imam Zain al-`Abidin, putra al-Husain bin` Ali bin Abi Thalib, Ja far as-Sadiq lahir pada kedelapan Ramadan pada tahun 83 H. Ibunya adalah putri al-Qassim, yang besar kakek adalah Abu Bakr as-Siddiq.

Dia menghabiskan hidupnya dalam ibadah dan tindakan kesalehan demi Allah. Dia menolak semua posisi ketenaran mendukung `uzla atau isolasi dari dunia yang lebih rendah. Satu orang sezamannya, `Umar bin Abi-l-Muqdam, berkata," Ketika aku melihat Jafar bin Muhammad aku melihat garis keturunan dan rahasia Nabi Muhammad bersatu di dalam dia."

Ia menerima dari dua baris Nabi warisan: rahasia Nabi melalui 'Ali dan rahasia Nabi melalui Abu Bakar. Dalam Dia dua garis keturunan bertemu dan untuk alasan bahwa ia disebut "Pewaris dari  Maqam Nabi (Maqam an-Nubuwwa) dan Pewaris dari Maqam Jujur (Maqam as-siddiqiyya)." Dalam Dia ada mencerminkan cahaya pengetahuan Kebenaran dan Realitas. Yang bersinar terang sebagainya dan pengetahuan yang tersebar luas melalui dia selama hidupnya.

Silsilah Imam Jafar as Sadiq


Jafar as-Sadiq meriwayatkan dari ayahnya, Muhammad al-Baqir, bahwa seorang pria datang ke kakeknya, Zain al-` Abidin, dan berkata, "Ceritakan tentang Abu Bakar!" Dia berkata, "Maksud Anda sebagai-Siddiq?" Orang itu berkata, "Bagaimana Anda memanggil dia sebagai-Siddiq ketika dia terhadap Anda, Keluarga Nabi?" Dia menjawab, "Celakalah kamu Nabi disebut dia sebagai-Siddiq,. Dan Allah menerima gelar sebagai-Siddiq. Jika anda ingin datang kepadaku, menjaga cinta Abu Bakar dan` Umar dalam hatimu. "

Jafar as-Sadiq berkata," doa terbaik yang saya harapkan adalah perantaraan Abu Bakar as-Siddiq. " Dari dia dilaporkan juga seruan berikut: "Ya Allah, Engkau adalah saya Saksi bahwa aku mengasihi Abu Bakar dan aku mencintai` Umar dan jika apa yang saya katakan adalah tidak benar semoga Allah memotongku dari syafaat Muhammad. "

Ia mengambil pengetahuan tentang hadis dari dua sumber: dari ayahnya ke `Ali dan dari kakek dari pihak ibu al-Qassim. Kemudian dia meningkatkan pengetahuan tentang hadis dengan duduk dengan `Urwa,` Aata, Nafi `dan Zuhri. Kedua Sufyans, Sufyan ath-Thawri dan Sufyan ibn `Uyayna, Imam Malik, Imam Abu Hanifah, dan al-Qattan semua hadits diriwayatkan melalui dia, seperti yang dilakukan banyak orang lain dari ulama kemudian hadits. Dia adalah seorang mufassir al-Qur'an atau master dalam eksegesis, seorang sarjana yurisprudensi, dan salah satu mujtahid terbesar (kualifikasi untuk memberikan keputusan hukum) di Madinah.

Jafar as-Sadiq diperoleh baik pengetahuan agama eksternal maupun internal konfirmasi realitas di hati. Yang terakhir ini tercermin dalam berbagai visi dan kekuatan ajaib, terlalu banyak untuk diceritakan.

Satu kali seseorang mengeluh dengan al-Mansur, Gubernur Madinah, sekitar Jafar as-Sadiq. Mereka membawa dia sebelum Mansur dan meminta pria yang mengeluh, "Apakah Anda bersumpah bahwa Jafar  as-Sadiq melakukan seperti yang Anda katakan? " Dia berkata, "Aku bersumpah bahwa dia melakukan itu." Jafar as-Sadiq berkata," Biarkan dia bersumpah bahwa saya melakukan apa yang dia menuduh saya dan biarkan dia bersumpah bahwa Allah menghukum dia jika dia berbohong. " Pria itu bersikeras keluhan dan Jafar as-Sadiq  bersikeras bahwa dia mengambil sumpah. Akhirnya orang menerima untuk mengambil sumpah. Begitu kata-kata yang keluar sumpah dari mulutnya daripada dia jatuh mati.

Begitu ia mendengar bahwa al-Hakm bin al-'Abbas al-Kalbi disalibkan pamannya sendiri Zaid pada kurma. Dia begitu sedih tentang hal ini bahwa ia mengangkat kedua tangannya dan berkata, "Ya Allah mengirimkan salah satu anjing Anda untuk memberinya pelajaran." Hanya waktu yang singkat berlalu sebelum al-Hakm dimakan oleh singa di padang pasir.

Imam at-Tabari menceritakan bahwa Wahb berkata, "Aku mendengar Laits bin Sa` d berkata, aku pergi haji pada tahun 113 H., dan setelah saya berdoa siang wajib (salat al-`Ashar) saya membaca beberapa ayat Al-Qur'an dan aku melihat seseorang duduk di samping saya memanggil Allah mengatakan 'Ya Allah, Ya Allah ...' berulang kali sampai ia kehabisan nafas Dia kemudian melanjutkan dengan mengatakan 'Ya Hayy, Ya Hayy ...'. sampai napasnya kembali hilang. Ia kemudian mengangkat tangannya dan berkata, "Ya Allah, aku memiliki keinginan untuk makan buah anggur, Ya Allah berikan saya beberapa Dan jubah saya (jubba) menjadi begitu tua dan compang-camping, silahkan O hibah Allah. saya yang baru. " Laith bin Sa `d berkata bahwa 'Dia telah hampir selesai kata-katanya sebelum sekeranjang anggur muncul di depannya, dan pada waktu itu tidak ada anggur di musim. Selain keranjang buah anggur muncul ada dua jubah lebih indah daripada yang saya pernah lihat sebelumnya. " Aku berkata, 'biarkan pasangan Ya saya berbagi dengan Anda. " Dia berkata, 'Bagaimana Anda pasangan? " Aku menjawab, 'Anda sedang berdoa dan saya mengatakan Amin. " Kemudian Imam Jafar as-Sadiq berkata," Lalu datang dan makan dengan saya, 'dan dia memberi saya salah satu dari dua jubah. Kemudian ia berjalan pergi sampai ia bertemu dengan seorang pria yang berkata,' Wahai putra Nabi, tutup saya karena saya telah apa-apa tetapi pakaian compang-camping untuk menutupi aku. " Dia segera memberinya jubah bahwa dia baru saja menerima aku bertanya bahwa manusia, "Siapa itu?". Dia menjawab, "Itu adalah Imam besar, Jafar as-Sadiq. " Aku berlari setelah dia menemukan dia tapi dia telah menghilang. "

Ini hanya contoh dari banyak anekdot dan kisah-kisah tentang kekuatan ajaib (karamat) dari Jafar as-Shadiq.

Dari pengetahuan, ia sering berkata kepada Sufyan ath-Thawri, "Jika Allah melimpahkan nikmat pada Anda, dan Anda ingin tetap mendukung itu, maka Anda harus memuji dan berterima kasih Dia berlebihan, karena Dia berkata," Jika kamu bersyukur Allah akan meningkatkan untuk Anda "[14:07] Dia juga berkata,." Jika pintu penyisihan tertutup bagi Anda, kemudian membuat banyak istighfar (memohon pengampunan), karena Allah berkata, "Carilah pengampunan dari Tuhanmu, tentu Anda Tuhan sering Pengampun "[11:52]. Dan ia berkata kepada Sufyan, "Jika Anda marah oleh tirani seorang Sultan atau penindasan lain yang Anda saksi, mengatakan" Tidak ada perubahan dan tidak memiliki kekuatan kecuali dengan Allah, "(la haula wa la quwata ilaa-billah) karena adalah kunci untuk Relief dan salah satu Treasures surga. "

Dari ungkapannya

"Nun [huruf" n "] pada awal Surat 68 merupakan cahaya Pra-keabadian, di mana Allah menciptakan semua ciptaan, dan yang Muhammad Itulah sebabnya Dia mengatakan dalam [ayat 4] surat yang sama.: 'Sesungguhnya Engkau yang bersifat luhur' - yaitu:. Anda istimewa dengan cahaya dari pra-keabadian "

"Allah SWT dan Ta'ala kepada dunia yang lebih rendah," Melayani orang yang melayani Aku dan banyak orang yang melayani Anda. "

"Doa adalah pilar setiap orang saleh, haji adalah jihad setiap yang lemah, sedangkan zakat badan adalah puasa, dan orang yang meminta bantuan Allah tanpa melakukan perbuatan yang baik adalah seperti satu mencoba untuk menembak panah tanpa busur . "

"Buka pintu pemberian dengan memberikan donasi; pagar uang Anda dengan membayar zakat, yang terbaik adalah dia yang limbah tidak, perencanaan adalah dasar dari hidup Anda, dan untuk bertindak hati-hati adalah dasar dari kecerdasan."

"Barangsiapa membuat orang tua sedih itu telah mengabaikan hak-haknya pada dirinya."

"Para ahli hukum adalah wali Nabi ... Jika Anda menemukan ahli hukum menempel perusahaan dari Sultan, katakanlah kepada mereka, 'Ini adalah dilarang, sebagai ahli hukum tidak dapat mengungkapkan pendapat yang jujur ​​di bawah tekanan kedekatan Sultan . "

"Tidak ada makanan lebih baik daripada Tuhan-rasa takut dan tidak ada yang lebih baik daripada diam, tidak ada musuh lebih kuat dari kebodohan, penyakit tidak lebih besar dari berbohong."

"Jika Anda melihat sesuatu yang anda tidak suka dalam saudara Anda mencoba untuk menemukan 1-70 alasan baginya. Jika Anda tidak dapat menemukan alasan, mengatakan," Mungkin ada alasan tapi saya tidak tahu itu. " "

"Jika Anda mendengar kata dari seorang muslim yang menyinggung, mencoba mencari arti yang baik untuk itu Jika Anda tidak menemukan arti yang baik untuk itu,. Katakan pada diri sendiri, 'Aku tidak mengerti apa yang dia katakan," dalam rangka untuk menjaga keharmonisan antara Muslim. "

Wafatnya

Jafar as-Sadiq meninggal dunia pada 148 H. dan dimakamkan di Jannat al-Baqi` dalam kubur sama dengan ayahnya, Muhammad al-Baqir, kakeknya, Zain al-`Abidin, dan paman dari kakeknya, al -Hasan ibn `Ali. Dia lulus pada Rahasia Rantai Emas untuk penggantinya, Tayfur Abu Yazid al-Bistami, lebih dikenal sebagai Bayazid al-Bistami.


Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Jafar as-Sadiq alayhi-s-salam | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top