Mistikus Cinta

0
Servanthood And What It Is
Maulana Shaykh Muhammad Nazim Al-Haqqani Al-Naqshbandi q

Bismillahirrahmannirrahim


Servanthood And What It Is - Maulana Shaykh Muhammad Nazim Al-Haqqani Al-Naqshbandi q
Orang yang bodoh dan keras kepala akan menggunakan pikiran mereka sendiri sebagai penentu nilai.

Sosok kalian sebenarnya bukanlah hanya sosok spiritual kalian atau hanya sosok ragawi kalian saja. Sosok kalian yang sesungguhnya adalah yang terwujud, bila keduanya berbaur dengan baik.

Bagi murid tidak ada toleransi, karena jalan ini adalah yang terbaik.

Kalian hendaknya mencoba selalu bersama. Bila kalian bertemu dengan saudara lain, murid atau hamba Tuhan kalian, hormatilah dia dan cobalah untuk membuat pertemuan itu demi menghormati Tuhan Yang Mahakuasa. Lalu Tuhan kalian akan menganugerahi kalian dengan lebih banyak kehormatan.

Grandsyaikh berkata, “Bila seseorang mengambil satu langkah ke arah Haqq atau ingin melakukannya, 50 Setan melalui orang lain akan mencoba untuk menghalanginya.”

Islam bukanlah hasil pemikiran tetapi berasal dari Langit.

Kalian tidak mampu menahannya. Tak seorang pun dapat mencegahnya. Semua yang dibangun di atas kepalsuan selama berabad-abad pastilah runtuh.

Thariqat Naqsybandi adalah untuk menarik orang dari khayalan mereka dan membawanya kepada kenyataan.

Sosok ragawi kalian laksana biji buah kurma. Kalian menganggapnya tidak berharga dan meludahkannya. Padahal di dalamnya terkandung sebuah pohon kurma!

Janganlah berdoa untuk Surga, tetapi untuk membuat Rasulullah SAW bangga di antara semua Nabi. Tujuan kalian hendaknya membuat Nabi kita senang. Pakailah turban kalian untuk membahagiakan Rasulullah SAW dan biarkan janggut kalian, karena ummatnya meninggalkan sunnah beliau.

Kita harus memakan makanan yang bersih yang dinikmati oleh sosok spiritual kita. Dengan demikian ini menunjang sosok ragawi kita. Ini merupakan hal yang penting.

Bila kalian hendak mencapai tingkat yang lebih tinggi dan memperoleh sesuatu, apapun yang terjadi atau datang, terimalah semua itu dan teruskan niat kalian.

Disiplin kita adalah agar dapat menuju pertemuan yang paling terhormat itu, dalam Hadirat Ilahiah-Nya. Tidak ada toleransi untuk mereka yang datang ke sana dengan kurang sempurna.

Satu ajaran yang penting dari Nabi kita adalah agar kalian bergegas menuju sahabat-sahabat Allah SWT dan menjauhkan diri dari sahabat Setan. Mencintai Awliya dan membenci Setan merupakan kunci kebahagiaan bagi ummat manusia.

Tujuan terpenting kita, yang layak untuk dihadiahi, melebihi amal-amal yang lain adalah untuk mencoba mengembalikan kehormatan Islam. Islam telah kehilangan kehormatannya dan kita telah dipermalukan. Jangan lupakan tujuan ini dalam semua amalan kalian (dengan lidah maupun uang).

Rasulullah SAW mengatakan bahwa dunia akan digelapkan dengan fitnah. Inilah saatnya. Orang bersaing satu sama lain untuk menghancurkan ummat manusia.

Berlakulah baik senantiasa dan menghormati mereka yang telah membantu atau berbuat baik untuk kalian. Kalau tidak, kalian akan dikutuk.

Asosiasi, adalah untuk mengangkut, membawa dan mempersatukan hati kalian menuju hati sang Syaikh.

Ketika seorang mukmin mengucapkan, “Bismillaahir rahmaanir rahiim,” dan meminum air, dia akan merasa terbang. Seluruh raganya akan merasa segar, hatinya terbuka dan dirasakan oleh setiap helai rambut. 

Hanya satu kata yang diperlukan dari Syaikh. Jika kalian berkata, “Tetapi bagaimana bila seperti ini?” Tamatlah kalian. Syaikh tidak lagi bertanggung jawab. 

Jangan berpikir bahwa kita akan hidup seperti sebelumnya.

Hari-hari mendatang akan lebih sulit untuk mendapatkan makanan. Oleh sebab itu, Saya ingin melatih para pengikut saya untuk mengurangi makan dan mengucapkan, “Alhamdulillaah, syukur yaa Rabbi!”

Jika seseorang menyakiti atau melukai kalian, cobalah untuk memaafkannya dan memakluminya. Orang yang memukul dan menendang pastilah seperti binatang. Jika kalian membalasnya, kalian sama saja seperti mereka. 

Allah SWT menganugerahkan kita karunia yang begitu besar, yaitu jiwa kita. Dia tidak memberikannya kepada kita, agar kita tetap sama sejak awal hingga akhir.

Dapatkah kalian membayangkan bahwa suatu hari air terjun Niagara akan berhenti mengalir?! Berkah dari Rasulullah SAW tidak pernah berhenti, tetapi semakin meningkat hari demi hari. Hal ini terlihat dari wajah para Awliya.

Apakah kita melihat pada keindahan alam, atau Sang Pencipta dari keindahan? Lihatlah, dan katakan, “Wahai Tuhan kami, puji syukur yang tiada hentinya bagi-Mu.”

Setiap orang harus berlari untuk menemukan seseorang yang sudah mencapai kepuasan, ikuti dia, ikutilah jalannya dan ikuti kehendaknya, sampai kalian juga mendapat kepuasan. Kepuasan bukanlah buah pikiran, melainkan buahnya hati. 

Satu-satunya jalan untuk menghilangkan rasa takut, adalah dengan mengucapkan, “Syukur ya Rabbi.” Ini mempunyai kekuatan untuk menjaga nikmat Allah SWT bersama kalian.

Adalah mustahil untuk menemukan kesenangan semacam itu, sebagaimana ketika seseorang yang berpuasa sedang berbuka puasa. Orang yang tidak puasa tidak akan merasakan kesenangan semacam itu.

Seorang Naqsybandi sejati, harus seperti daun kering dalam tiupan angin yang membawanya ke mana pun dia suka. Angin mungkin akan menghantamkannya ke batu, meletakkannya dalam air, atau membakarnya dalam api. Dia tidak boleh mengeluarkan sepatah kata pun.

Kebenaran dan kebijaksanaan menyembuhkan hati.

“Berdiri di hadapan cermin keabadian, dihiasi dengan eksistensi sejati, menatap pada kenyataan diri, dalam samudera keesaan.”

Mawlana Syaikh Muhammad Nazhim Al-Haqqani q

Setiap ajaran merupakan gabungan ceramah Maulana Sheikh, yang diberikan dalam kurun waktu berbeda, mengenai subyek yang sama (November 1999-Juli 2000. Siprus + Damaskus)



https://mistikus-sufi.blogspot.co.id/p/donasi.html
Visit Donasi Mistikus Cinta

DMCA.com
Anda sedang membaca Kebenaran dan Kebijaksanaan. Diizinkan copy paste untuk dipublikasikan: Kebenaran dan Kebijaksanaan, namun jangan lupa untuk meletakkan link posting Kebenaran dan Kebijaksanaan dari Blog Mistikus Cinta sebagai sumbernya, apabila tidak mau menyebut sumber dari BLOG. Mohon jangan COPAS. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat mohon bantu share. Untuk menyambung tali silaturahmi silahkan Liked FB Fanpage Mistikus Cinta - Follow Twitter @Mistikus_Sufi - Ikuti dan Share Channel Telegram @mistikuscinta. Terima kasih.

Post a Comment Blogger Disqus

Komentar diseleksi terlebih dahulu sebelum ditampilkan.

 
Top