Mistikus Cinta

0
Syaikh Zakariya Bagharib dan Tariqah Naqsybandiyyah 'Aliyyah

Syaikh Zakariya Bagharib dilahirkan dari keluarga Awliya'. Ayahanda beliau, Syaikh 'Umar bin Abdullah Bagharib, adalah seorang khalifah Tariqah Qadiriyah, yang terkenal pula akan karomahnya, dan sering dipanggil sebagai Mu'allim, guru pengajar agama di Singapore. Sementara itu, salah satu guru utama Syaikh Zakariya Bagharib adalah Syaikh 'Umar al-Khatib, salah seorang faqih mazhab Syafi'i dan pemegang teguh Tariqah 'Alawiyyah, yang juga adalah murid dari ayahanda beliau, Syaikh 'Umar Bagharib.

Suatu kali Syaikh Zakariya Bagharib pernah bercerita bahwa beliau menyukai Salawat Al-Fatih*. Beliau begitu terkesan ketika menyaksikan atau mendengar sendiri secara langsung Mawlana Syaikh Nazim 'Adil Al-Haqqani memulai doa atau sohbat beliau dengan membaca Salawat Al-Fatih ini. Sebelumnya, beliau sudah banyak mendengar tentang tariqah ini, tetapi beliau belum mau memasukinya sebelum 'membuktikan' dan berjumpa langsung dengan Mursyid Utamanya. Selain itu, pernah pula Syaikh Zakariya bercerita bahwa sebelum beliau memutuskan untuk mengambil bay'at dalam Tariqah Naqsybandiyah yang mulia ini, beliau bertanya kepada guru beliau, Syaikh 'Umar Khatib. Atau mungkin beliau bertanya sesaat setelah bay'ah. Ketika ditanya, guru beliau, Syaikh 'Umar bin Khatib menyetujui dan mengatakan bahwa Tariqah Naqsybandiyah memang cocok buat beliau; dan seandainya beliau (Syaikh Zakariya) memilih Tariqah Alawiyah beliau tentu sudah akan gila, demikian cerita Syaikh Zakariya Bagharib dengan nada bergurau.

Syaikh Zakariya dikenal pula sebagai mu'allim, pengajar agama di Singapore. Diriwayatkan bahwa Habib Munzir Al-Musawwa (Majelis Rasulullah) pun mengambil ijazah bacaan Al-Quran dari beliau. Syaikh Zakariya Bagharib oleh mereka yang mengenalnya, dikenang sebagai seorang 'Aalim, Syaikh yang murah senyum dan menggembirakan mereka yang berada di sekeliling beliau, layaknya serupa dengan salah seorang grandsyaikh kita, Mawlana Syaikh 'Ubaydullah Al-Ahrar.

Semoga Allah SWT merahmati ruh beliau di alam barzakh dan memberikan manfaat bagi kita dari mengenang beliau. Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin.

Setya Sastrodimedjo

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syeikh Zakariya Bagharib | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top