Mistikus Cinta

0
Beliau tokoh wanita Islam yang sangat berjasa karena beliau adalah ibu angkat yang mengasuh dan membesarkan sekaligus mendidik Raden Paku / Sunan Giri. Pada jaman Mojopahit Nyai Ageng Pinatih adalah seorang saudagar yang sangat dihormati oleh Raja, terbukti dari pengangkatannya sebagai Syah Bandar Gresik.

Bagi orang yang paham, akan merasa kurang afdol apabila berziarah ke Sunan Giri tanpa ke Makam ibu angkatnya ini yang terletak di Kelurahan Kebungson 300 m sebelah utara Aloon-aloon Kota Gresik.

Haul beliau jatuh pada tanggal 12 bulan Syawal. Beliau sangat mashur sebagai saudagar yang memiliki kapal sebagai sarana perdagangan luar negeri.

Makam ini juga termasuk Makam Islam kuno, karena beliau adalah tokoh Islam seangkatan dan sekaligus kakak Raden Rachmat (Sunan Ampel). Beliau juga disebut Sunan Gresik atau Sayid Murtadho yang datang ke Jawa menyertai ayahnya yang bernama Syech Ibrahim Asmarakandy untuk menyebarkan Agama Islam di Jawa.

Sebagai tokoh panutan pada masanya beliau bergelar: “ROJO PANDITO WUNUT”. Wafat tahun 1317 Saka/1449 M dimakamkan di Desa Bedilan Kecamatan Gresik tidak jauh dari Makam Malik Ibrahim 100 m sebelah utara Aloo-aloon kota Gresik, sehingga sangat mudah di jangkau. Beliau kawin dengan putri Madura dan punya anak yang bernama Usman Haji. Usman Haji kawin lagi dengan putri Madura serta punya anak Dja’far Sodiq (Sunan Kudus). Haul beliau jatuh pada setiap tanggal 15 bulan Muharam.


Setya Sastrodimedjo

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Nyai Ageng Pinatih / Nyai Ageng Tandes | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top