Mistikus Cinta

0
Mursyid Ke-4
Qasim ibn Muhammad ibn Abu Bakr (Semoga Allah Ridha Dengan-Nya)

"Selama engkau belum merenungkan Pencipta,
Engkau milik makhluk;
tetapi ketika engkau telah merenungkan-Nya,
makhluk yang diciptakan milikmu."
Ibnu `Ata'illah, Hikam.

Sayyidina Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar as-Siddiq diturunkan dari Abu Bakar as-Siddiq pada sisi ayahnya dan dari Ali bin Abi Thalib di sisi ibunya. Ia dilahirkan pada hari Kamis, di bulan suci Ramadhan.

Hal ini diceritakan bahwa ia berkata, "Kakek saya, Abu Bakar as-Siddiq, sendirian dengan Nabi di Gua Abu Tsaur selama migrasi dari Mekah ke Madinah, dan Nabi berkata kepadanya: 'Anda telah bersama saya sepanjang hidup Anda dan kamu telah melakukan segala macam kesulitan. Dan sekarang saya ingin Anda untuk membuat permohonan untuk memohon kebaikan Tuhan pada Anda 'Abu Bakar lalu berkata,' Wahai Rasulullah, Anda adalah rahasia jiwa saya dan rahasia hatiku.. Anda lebih tahu apa yang saya butuhkan. '"

Nabi mengangkat tangannya dan berkata, "Ya Allah, selama saya UU hasil Ilahi untuk Hari Pembalasan semoga Tuhan memberikan bahwa di antara keturunan Anda adalah mereka yang membawanya dan orang yang mewarisi rahasia batin, dan memberikan bahwa di antara keturunan Anda adalah mereka yang berada di jalan yang lurus dan mereka yang membimbing untuk itu. "

Jawaban pertama yang memohon dan yang pertama untuk menerima berkat yang Sayyidina Qasim. Pada waktu ia dikenal di Madinah sebagai Abu Muhammad. Orang-orang datang untuk mendengarkan bimbingan, kuliah (suhba) dan pengungkapan tentang makna yang tersembunyi dari Quran. Qasim ibn Muhammad bin Abu Bakar as-Siddiq adalah salah satu dari tujuh ahli hukum yang paling terkenal di Madinah, yang paling luas di antara mereka. Hal itu melalui tujuh Imam besar bahwa, Yurisprudensi awal, dan komentar Alquran disebarluaskan kepada masyarakat.

Dia bertemu beberapa tabiin dari sahabat, termasuk Salim bin Abd Allah ibn Umar.

Dia adalah seorang imam yang saleh dan sangat berpengetahuan di narasi dari Tradisi. Abu Zannad berkata, "Aku tidak pernah melihat orang yang lebih baik daripada dia dalam mengikuti Sunnah Nabi. Dalam waktu kita tidak ada seorangpun yang dianggap sempurna sampai dia sempurna dalam mengikuti Sunnah Nabi, dan Qasim adalah salah seorang pria sempurna. "

Abdur-Rahman bin Abi Zannad mengatakan bahwa ayahnya berkata, "Aku tidak melihat siapa pun yang mengetahui sunnah lebih baik daripada Al-Qasim."

Abu Nuaym berkata tentang dia dalam bukunya al-Awliya Hilyat: "Dia mampu mengekstrak peraturan hukum terdalam dan ia tertinggi dalam tata krama dan etika."

Imam Malik meriwayatkan bahwa Umar bin Abd ul-Aziz, yang dianggap sebagai khalifah benar-terbimbing kelima, berkata, "Jika itu adalah di tangan saya, saya akan membuat al-Qasim khalifah di waktu saya."

Sufyan berkata, "Beberapa orang datang ke al-Qasim dengan amal yang didistribusikan. Setelah ia didistribusikan itu, ia pergi untuk berdoa. Sementara ia berdoa, orang-orang mulai berbicara negatif tentang dia. Putranya berkata kepada mereka, 'Anda sedang berbicara di belakang punggung seorang pria yang didistribusikan dana anda dan tidak mengambil satu dirham dari itu untuk dirinya sendiri. "Cepat ayahnya memarahi dia berkata," Jangan bicara, tapi tetap tenang.' " Dia ingin mengajar anaknya untuk tidak membela dirinya, sebagai satu-satunya keinginan adalah untuk menyenangkan Allah. Dia tidak punya kepedulian terhadap pendapat orang.

Yahya bin Sayyid berkata, "Kami tidak pernah ditemukan, pada waktu kita di Madinah, orang lebih baik daripada Al-Qasim." Ayyub as-Saqityani berkata, "Aku tidak melihat orang lebih baik dari Imam Qasim. Dia meninggalkan 100.000 dinar belakang bagi masyarakat miskin ketika dia meninggal dunia, dan itu semua dari penghasilan yang sah. "

Salah Satu Keajaiban-Nya

Grandsyaikh Syarafuddin dan penggantinya, Grandsyaikh Abd Allah ad-Daghestani (para syekh 38 dan 39 dalam Naqshbandi Golden Chain, masing-masing) menceritakan kisah berikut:

Tahun di mana Abu Muhammad Qasim adalah untuk meninggalkan dunia ini, pada ketiga Ramadhan ia melanjutkan ziarah. Ketika ia tiba dengan al-Qudayd, dimana peziarah biasanya berhenti, Allah dibuka untuk visi untuk dilihat para malaikat turun dari surga dan naik dalam jumlah tak terhitung jumlahnya. Mereka akan turun, mengunjungi tempat ini, dan kemudian pergi kembali. Saat ia melihat malaikat-malaikat ini membawa berkat-berkat yang Allah mengirim turun dengan mereka, maka seolah-olah bahwa kekuatan cahaya dan terkonsentrasi sedang dituangkan ke dalam hatinya langsung, mengisinya dengan ketulusan dan Tuhan-kesadaran.

Begitu visi ini terjadi, ia jatuh tertidur. Dalam mimpi ia melihat Abu Bakar as-Siddiq datang kepada-Nya. Dia berkata, "Wahai kakek saya, yang makhluk surgawi yang turun dan naik dan yang telah mengisi hatiku dengan Tuhan-kesadaran?"

Abu Bakar as-Siddiq menjawab, "Mereka malaikat Anda lihat naik dan turun, Allah telah ditetapkan untuk kuburan Anda. Mereka terus-menerus mengunjungi. Mereka mendapatkan berkat dari mana tubuh Anda akan dimakamkan di bumi. Untuk menghormati Anda, Allah memerintahkan mereka untuk turun dan meminta berkat untuk Anda. O cucu saya, jangan lalai tentang kematian Anda, itu akan datang segera dan Anda akan diangkat ke Hadirat Ilahi dan meninggalkan dunia ini ".

Qasim segera membuka matanya dan melihat kakeknya di depannya. Dia berkata, "Saya hanya melihat Anda dalam mimpi." Abu Bakar as-Siddiq menjawab, "" Ya, aku diperintahkan untuk bertemu dengan Anda. "Itu berarti aku akan meninggalkan dunia ini," jawab Qasim. "Ya, Anda akan meninggalkan dunia dan menemani kita untuk akhirat," kata guru kami Abu Bakar as-Siddiq.

"Apa jenis akta yang Anda menyarankan saya lakukan pada saat-saat terakhir saya di bumi?" Tanya Qasim dari kakeknya. Abu Bakar as-Siddiq menjawab, "Wahai anakku, menjaga lidah Anda dibasahi dengan dzikrullah dan menjaga hati Anda siap dan hadir dengan dzikrullah. Itu adalah terbaik yang pernah Anda dapat mencapai di dunia ini. "

Lalu Abu Bakar mulai menghilang dan Qasim dhikr di lidah dan di dalam hatinya. Ia melanjutkan ke Mekah dan menyaksikan berdiri di Gunung Arafah (yang terjadi setiap tahun pada tanggal 9 Zulhijah). Dalam banyak orang kudus tahun, baik pria maupun wanita, secara rohani hadir di Arafah, dan Qasim bin Muhammad bin Abu Bakar as-Siddiq bertemu dengan mereka.

Ketika mereka berdiri, mereka semua mendengar Dataran Arafat dan gunung yang menangis sedih. Mereka bertanya Gunung Arafat, "Mengapa engkau menangis seperti ini?" Dan Gunung Arafat menjawab, "Aku dan semua malaikat menangis, karena hari ini bumi ini akan kehilangan salah satu pilar."

Mereka bertanya, "Siapa pilar yang bahwa bumi adalah tentang kehilangan?" Gunung Arafat menjawab, "Abu Muhammad Qasim akan meninggalkan dunia ini, dan dunia tidak akan lagi dihargai dengan langkah-langkah, dan Aku tidak akan lagi melihat dia di dataran saya, dimana semua peziarah datang, dan saya akan merindukannya. Itulah sebabnya aku menangis dengan cara ini. Tidak hanya dari diriku sendiri, tetapi kakeknya Muhammad, dan kakeknya Abu Bakar, dan kakeknya Ali, dan seluruh dunia menangis. Mereka mengatakan kematian seorang ulama adalah kematian dunia. "

Pada saat itu Nabi dan Abu Bakar as-Siddiq secara rohani hadir di Arafah, di mana mereka menangis. Nabi berkata, "Dengan kematian Qasim korupsi besar akan muncul di bumi, karena ia adalah salah satu pilar dapat mencegahnya."

Sebelumnya, yang menangis sedih Gunung Arafat hanya terjadi ketika Nabi wafat dari dunia ini, maka ketika Abu Bakar berlalu, maka ketika Salman berlalu, dan ketika Qasim berlalu. Salah satu orang kudus, Rabia al-Adawiyya, bertemu Qasim dalam perakitan rohani orang-orang kudus dan dia berkata, "Setiap hal hal dan kering hidup, aku mendengar mereka menangis. Mengapa, Oh Rabia, hal ini bisa terjadi? Saya pernah mengalami seperti menangis dalam hidupku. Apakah Anda tahu penyebabnya? "Dia menjawab," Wahai Abu Muhammad, saya juga tidak dapat membedakan sifat yang menangis, sehingga Anda harus bertanya kakekmu, Abu Bakar. "

Abu Bakar muncul rohani kepada mereka, berkata, Lalu "itu menangis dari setiap titik di bumi ini adalah karena Anda meninggalkan kehidupan duniawi ini, karena saya memberitahu Anda pada ziarah Anda." Qasim mengangkat tangan dan berdoa kepada Allah, "Karena saya meninggal dunia dari kehidupan ini sekarang, memaafkan siapa pun berdiri dengan saya di Gunung Arafat "Kemudian mereka mendengar suara berkata,". Demi Anda, Allah telah mengampuni siapa pun berdiri dengan Anda di Gunung Arafah pada haji "Pada. saat itu Allah yang diwahyukan kepada Qasim jantung terbatas Gnostik pengetahuan.

Kemudian ia berangkat dari Gunung Arafat dan berkata, "Wahai Gunung Arafat, jangan lupa saya di Hari Penghakiman. Semua orang kudus dan semua nabi berdiri di sini dan jadi aku meminta Anda untuk tidak melupakan aku pada Hari Penghakiman "Itu gunung besar menjawab," Wahai Qasim., "Dengan suara keras yang semua orang bisa mendengar," Jangan lupakan aku pada Hari Kiamat . Jangan lupa aku. Biarkan aku menjadi bagian dari perantaraan Nabi. "

Pada saat itu Qasim kiri Gunung Arafat dan tiba di Makkah al-Mukarrama, di Kabah. Di sana ia mendengar menangis datang dari Rumah Tuhan yang terus meningkat ketika ia mendekat, dan semua orang mendengarnya. Itu suara Kabah, menangis berlalunya Qasim dari dunia ini. Dan itu datang seperti banjir, banjir air mata mengalir keluar dari Kabah, banjir seluruh area dengan air.

Rumah Tuhan berkata, "Wahai Qasim! Aku akan merindukanmu dan saya tidak akan melihat Anda lagi di dunia ini "Kemudian Kabah dibuat 500 circumambulations sekitar Qasim untuk menghormati dia.. Setiap kali mengunjungi orang suci Kabah menanggapi salam yang suci mengatakan, "Wa` alayka as-salam ya wali-Allah, " "dan kedamaian atas kamu, O.. sahabat Allah. "

Makam Qasim ibn Muhammad ibn Abu Bakr

Lalu kata Qasim perpisahan ke Hajar al-Aswad (Black Stone), kemudian ke Jannat al-Mualla, pemakaman di mana Khadijat al-Kubra, istri pertama Nabi, dimakamkan, dan kemudian ke seluruh Mekah. Dia kemudian meninggalkan dan pergi ke al-Qudayd, sebuah tempat antara Mekah dan Madinah, pada tanggal 9 Muharram, di mana ia diwariskan ke kehidupan berikutnya. Tahun ini 108 (atau 109) AH/726 CE, dan dia adalah tujuh puluh tahun. Dia melewati rahasia dari Rantai Emas Naqsybandi untuk penggantinya, cucunya, Imam Jafar as-Sadiq.

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Qasim ibn Muhammad ibn Abu Bakr | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top