Mistikus Cinta

0
Tingkat perkembangan spiritual ada 3, yaitu:

Mahabbat al-Masyaikh, “Cinta terhadap Syekh,” lalu Mahabbat al-Habiib, “Cinta kepada Sang Kekasih (Nabi (saw))," dan Mahabbatullah, “Cinta kepada Allah.”

Kemudian Hudhuuru ’l-masyaikh, “Menghadirkan Syekh," Hudhuuru ’l-Habiib, “Menghadirkan Nabi (saw)," dan Hudhuurullah, “Menghadirkan Allah.”
Kemudian Fanaa’un fi ’l-masyaikh, “fana/lenyap dalam diri Syekh,” Fanaa’un fi’l-Habiib, “fana dalam diri Nabi (saw)," dan Fanaa’un fillah, “fana dalam Allah.”

Ini adalah tiga tingkatan cinta kepada Allah, Nabi-Nya (saw) dan cinta sesama manusia.  Ketika kalian mencintai ketiganya, kalian akan senantiasa mengingatnya dan mereka senantiasa berada di hadapan kalian, seperti halnya anak-anak kalian yang selalu berada di depan kalian, bahkan ketika kalian sedang bekerja--itu adalah karena cinta kalian terhadap mereka.  Tidak seorang pun yang dapat menyangkal hal itu, kecuali kalian belum menikah, jika seperti itu mungkin yang kalian lihat adalah pacar kalian (tertawa).  Jadi orang-orang melihat sesuatu, terutama para wanita; ketika mereka melihat ada krim baru di pasaran, mereka akan terus memandanginya selama berhari-hari, bulan, bahkan tahun, sampai suaminya membelikannya!

Jadi, kalian sungguh dapat melihat wajah anak kalian, mohon maaf--bahkan melebihi wajah istri kalian. Ketika cinta itu meningkat di dalam hati kalian, dari anak-anak kalian hingga kepada Nabi (saw), maka akan terjadi suatu keajaiban.  Saya memberikan cara sederhana untuk memahaminya karena mungkin saja ada orang yang mengatakan, "Mengapa engkau mengatakan tentang cinta kepada Nabi (saw) atau cinta kepada awliyaullah atau cinta kepada Allah?  Kami tidak bisa melihat apa-apa."  Tidak!  Kalian harus membayangkannya dan memikirkan hal ini dengan baik-baik. 

Nabi (saw) bersabda,

تفكر ساعة خير من عبادة سبعين سنة
Mengingat Allah (swt) (merenung atau bertafakur) selama satu jam, lebih baik daripada tujuh puluh tahun beribadah. 

Mawlana Shaykh Hisham Kabbani

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Tingkat Perkembangan Spiritual | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top