Mistikus Cinta

0
Alaa inna awliyaaullaahi laa khawfun `alayhim wa laa hum yahzanuun.

Ingatlah sesungguhnya wali-wali Allah itu tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. (Surat Yunus, 10:62)

“Sesungguhnya wali-wali Allah, hamba-hamba yang saleh, ikhlas, tidak ada yang mereka takutkan, karena Allah memberi mereka ilmu. Orang-orang yang berakhlak buruk, mereka adalah orang-orang jahat yang selalu menyebar fitnah dan kebingungan, suka menggunjing dan membicarakan keburukan orang lain. Mereka pikir mereka lebih baik daripada orang-orang lainnya, namun pada hakikatnya Nabi (saw) bersabda,

“Waspadalah dengan buruk sangka, karena itu adalah seburuk-buruknya dusta, dan janganlah mencari-cari kesalahan orang lain, jangan menggunjing dan membenci satu sama lain, dan jangan memutuskan tali silaturahmi satu sama lain.  Wahai hamba-hamba Allah, jadilah kalian bersaudara! (HR. Bukhari)

“Jangan marah, jangan cemburu, jangan menggunjing, jangan membuat berita bohong.”  Allah (swt) berfirman di dalam kitab suci al-Qur’an,

Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebagian dari prasangka itu adalah dosa, dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain, dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu saja kamu mereka jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh Allah Maha Penerima Tobat lagi Maha Penyayang. (Surat al-Hujuraat, 49:12)

Ini adalah Makaarim al-Akhlaaq: yaa ayyuhalladziina aamanuu 'jtanibuu katsiiran min adz-dzann, seolah-olah Allah befirman, “Wahai orang-orang beriman! Hindari pikiran buruk tentang orang lain, hindari berbicara buruk tentang orang lain.”  “Dzann” jika ada seseorang yang datang kepadamu dan mengatakan bahwa ada orang yang berbicara buruk tentangmu, maka periksalah dulu! Wa laa tatajassasuu, “dan jangan menggunjing satu sama lain,” itu adalah Makaarim al-Akhlaaq, itu adalah `Ilm at-Tasawwuf, itu adalah `Ilm al-Akhlaaq.

Shaykh Muhammad Hisham Kabbani

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Hindari Kecurigaan, Kemarahan, Kecemburuan, Menggunjing, dan Menyebarkan Berita Bohong (HOAX) | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

Post a Comment

 
Top