Mistikus Cinta

0
Beliau ialah Syeikh Muhammad Bahjah Al-Baithar ibn Muhammad Baha’uddin ibn Abdul Ghani ibn Hasan ibn Ibrahim Asy-Syuhair Al-Baithar. Lahir tahun 1311 H atau 1894 M di Damsyik, ditengah keluarga ulama, yang memiliki adab dan taqwa. Leluhurnya adalah orang-orang yang hijrah dari Al-Jazair.

Guru-gurunya

Beliau bertalaqi kepada bapaknya dan belajar di beberapa Madrasah Islam di Damsyik.

Diantara guru beliau ialah:
1. Ayahnya, Syeikh Muhammad Baha’uddin ibn Abdul Ghani
2. Syeikh Abdurrazaq ibn Hasan ibn Ibrahim Al-Baithar (lihat biografinya dalam Al’Alam Al-Zarkili (3/351)).
3. Syeikh Jamaluddin al-Qasimi,
4. Syeikh Muhammad Khaidir Husain At-Tunisi
5. Syeikh Muhadits Al-Kabir Negeri Syam, Muhammad Badr al-Husaini

Beliau mendapatkan pengakuan (ijazah) dari mereka.

Dakwahnya
Syeikh Muhammad Al-Bahjah mengajar dan berkhutbah di beberapa masjid sejak tahun 1328 H. Syeikh juga pernah mengikuti Muktmar al-‘Alam al-Islami di Mekkah tahun 1345 H. Di Muktamar itulah Syeikh berkenalan dengan Malik Abdul Aziz Alu Sa’ud (Raja Arab Saudi), beliau oleh sang raja diminta untuk mengajar di Ma’had Al-Ilmi’.

Tulisannya
Syeikh memiliki beberapa tulisan dan yang paling terkenal adalah tentang biografi Syaikhul Islam Ibn Taimiyah, ‘Hayatu Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah’ yang dicetak oleh Al-Maktab Al-Islami. Ada juga kitab ‘Al-Kautsari wa Ta’liqatah’, Rihlah An-Najdiyyah Al-Hijaziyah, Al-Islam wa Shohabat Al-Kiram Baina As-Sunnah wa Al-Syi’ah dan lainnya.

Murid-muridnya
Di antara murid beliau ialah:
  1. Syeikh Al-Muhadis Nasiruddin Al-Albani (w. 1420 H), menjadi murid beliau lewat ijazah yang bersambung sampai Imam Ahmad, sebagaimana ditulis dalam karya Muhammad Asy-Syaibani. Ijazah ini hanya diberikan kepada mereka yang benar-benar ahli dalam hadits dan dapat dipercaya untuk membawakan hadits secara teliti.
  2. Syeikh Abdul Qadir Al-Arna’uth (w. 1415 H), Syaikh Al-Baithar telah menyerahkan tugas sebagai imam dan pengajar di Mesjid Jami Asy-Syuriji di Madean kepada beliau. Ini adalah rekomendasi tertinggi dari beliau kepada Syaikh Abdul Qadir Al-Arna’uth.
  3. Syeikh Abdullah ibn Abdul Ghani Al-Khayath (w. 1415 H), Imam Haram Al-Makki, pengganti Syaikh Abu Samah Abdul Dhahir sebagai Khatib, Imam dan Pengajar di Mesjidil Haram. Syaikh Abdullah Khayath menjadi murid Syaikh Bahjah ketika belajar di Ma’had Al-Ilmu As-Su’udi di Mekkah.
  4. Dan lain-lain.
Wafatnya

Syeikh Muhammad Bahjah Al-Baithar meninggal pada hari Sabtu tanggal 30 Jamadilawal tahun 1396 H (1976 M).

Sumber :


Setya Sastrodimedjo

Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Syeikh Muhammad Bahjah Al-Baithar | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top