Mistikus Cinta

0
Abdullah bin Jahsy
Nama lengkapnya Abdullah bin Jahsy bin Riab bin Ya’mur al-Asdy. Biasa dipanggil Abu Muhammad. Ibunya bernama Umaimah binti Abdul Mutholib bin Hasyim. Pamannya bernama Hamzah bin Abdul Mutholib bin Hasyim. Adik perempuannya adalah Sayedah Zaenab binti Jahsy, istri Rasulullah.

Sejarah keislamannya, beliau termasuk orang yang masuk Islam pada awal-awal munculnya Islam. Tepatnya, sebelum Rasulullah masuk ke rumah al-Arqom bin ar-Qom. Selama berjuang bersama Rasulullah dalam memperjuang ajaran Islam, beliau pernah ikut berhijrah ke Habasyhah kedua. Begitu juga ketika terjadi peperangan dengan orang kafir yang tidak diikuti Rasulullah, beliau pernah menjadi panglima perang. Beliau orang pertama yang dikenal dengan nama Amir al-Mukminin ketika terjadi peperangan di Nakhlah (Rasulullah tidak ikut berperang).

Pada waktu terjadi perang Uhud, beliau berdo’a: “Ya Allah kami akan menghadapi musuh besok, dan saya berjanji kepada Engkau, mereka tidak akan membunuhku, merobek perutku, dan memcelakkan aku. Sekiranya Engkau bertanya padaku untuk siapa kamu berperang? Saya jawab demi Engkau.” Besoknya beliau pun bertemu dengan musuh-musuh Islam. Beliau pun berperang mati-matian hingga akhirnya gugur dibunuh oleh Abu al-Hakam bin al-Akhnas bin Syariq pada tahun 3 Hijriah. Ketika wafat beliau berumur kurang lebih 47 tahun. Mayatnya dikuburkan dengan pamannya, Hamzah.



Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Abdullah bin Jahsy | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top