Mistikus Cinta

0
Abdullah bin Abdu Nahm
Nama lengkapnya Abdullah bin Abdu Nahm bin ‘Afif bin Sahim bin ‘Adwy bin Tsa’labah bin Sa’ad al-Muzany. Dulu sebelum memeluk Islam, namanya Abdul ‘Uzza. Kemudian Rasulullah ganti dengan nama Abdullah.

Kenapa digelari Dzul Bijadain? Dari ibn Ishaq dari Muhammad bin Ibrahim at-Taimy berkata, ”Abdullah (Dzul Bijadain) berasal dari Muzainah. Tinggal di rumah pamannya. Selama tinggal di sana dia sangat patuh dan baik dengannya. Suatu hari pamanya mendengar bahwa dia memeluk Islam. Maka pamannya marah sampai semua barang yang diberikan supaya dikembalikan. Bahkan pakian yang menempel di badannya disuruh melepaskannya. Beliau pun pulang menemui ibunya. Melihat anaknya tidak memakai pakian, ibunya langsung menyobek kain penutup tebal (Bijad) miliknya menjadi dua. Sejak itulah beliau dipanggil Dzul Bijadain.

Beliau dibesarkan di kabilahnya, Muzainah. Kabilah ini berada di dekat gunung Warqon, dekat Madinah. Orang tuanya miskin. Hingga menginjak dewasa, beliau belum mendengar tentang ajaran Islam. Maka sejak hijrahnya Rasulullah ke Madinah, beliau mulai kenal dengan ajaran Islam. Dalam banyak kesempatan beliau gunakan untuk menimba ilmu dari Rasulullah. setelah yakin dan membuktikan kebenaran ajaran Islam, beliau berikrar memeluk Islam. Hanya saja masih dirahasiakan terutama dari pamannya dan juga kabilahnya.

Pada waktu perang Tabuk, beliau meminta Rasulullah untuk mendoakan agar dirinya mati syahid. Tapi Rasulullah malah mendoakan semoga darahnya terjaga dari pedang orang-orang kafir. “Demi ayah dan ibuku, bukan itu yang aku inginkan?” kata beliau. Rasulullah menjawab, “Jika kamu keluar rumah hendak berperang kemudian kamu sakit, maka termasuk mati syahid.” Tidak berapa lama, beliau terkena sakit demam hingga wafat. Rasulullah sendiri turun ke kuburannya. “Ya Allah aku ridho dengan kematiannya” begitu doa Rasulullah.





Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Abdullah bin Abdu Nahm | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top