Mistikus Cinta

0
Al-Allamah Ali bin Muhammad Al-Habsyi ra. Lahir di kota Qasam di Hadramaut pada tanggal 24 Syawal 1259 H, dari dua orang tua yang mulia. Ayah beliau Al-Imam Muhammad bin Husain Al-Habsyi seorang mufti di Mekkah. Ayah beliau pergi ke kota Mekkah untuk berdakwah di jalan Allah, mengikuti perintah syaikhnya, seorang imam yang agung Abdullah bin Husain bin Thahir. Ibu beliau adalah seorang yang mulia, saleh, dan seorang yang menjaga dirinya, Alwiyyah binti Husain bin Ahmad Al-Hadi Al-Jufri termasuk keturunan Al-Imam Abdurrahman bin Muhammad Al-Jufri.

Ketika berusia sebelas tahun, beliau berhijrah bersama ibunya ke kota Sewun, ke rumah keluarga atas perintah ayahnya. Ketika dalam perjalanan beliau bertemu dengan syaikh ayahnya al-imam Abdullah bin Husain bin Thahir. Ketika itu bergembiralah syaikh ayahnya, dan memberikan perhatian kepadanya. Kemudian beliau mempelajari kitab Al-Mukhtashar Al-Kabir atas bimbingannya.

Beliau ra. menimba ilmu di kota Sewun pada ulama di jaman itu. Kemudian atas permintaan ayahnya beliau pergi ke kota Mekkah dan tinggal di sana selama dua setengah tahun. Beliau menimba ilmu pada ayahnya bersama saudara laki-lakinya Husain bin Muhammad dan Sayyid Alwi bin Ahmad As-Saqqaf yang kemudian menjadi ulama besar dan menulis kitab berjudul “Tarsyih al-mustafidin ala fath al-muin”. Beliau juga berguru pada ‘arifbillah Zaini Dahlan dan syaikh al-allamah Muhammad Said Ba Fadhal. Ketika telah menguasai ilmu barulah beliau pulang ke kota Sewun untuk berdakwah menyebarkan ilmunya. Beliau juga pergi ke kota Mekkah untuk menunaikan ibadah haji dan setelah itu berziarah ke makam pemimpin para nabi Muhammad SAW.

Ketika beliau kembali ke kota Sewun, beliau melaksanakan proses belajar mengajar di sana, terutama pada ilmu nahwu. Beliau membangun pesantren yang sangat tersohor. Pesantrennya dipenuhi para penuntut ilmu dari berbagai kota di Hadramaut dan tempat-tempat lain. Beliau juga membangun masjid di sebelah pesantrennya yang dinamakan masjid Ar-Riyadh.

Beberapa waktu kemudian beliau bertemu dengan syaikhnya yang bernama al-imam Abubakar bin Abdullah bin Thalib Al-Attas. Pertemuan itu digambarkan sebagai pertemuan terindah di antara mereka. Terlihat perlindungan dan penjagaan yang agung, dan pancaran sagala fath dan musyahadah dari syaikhnya kepada beliau.

Sejak itu tersohorlah nama beliau ke segala penjuru dan tersebarlah ilmu beliau ke setiap tempat. Kehidupan beliau hanya digunakan untuk mengajar, memberikan petunjuk, nasehat, mujahadah, dan berdakwah di jalan Allah dengan pena, lisan, perbuatan dan hartanya.

Beliau adalah seorang yang zuhud, sehingga selama hidupnya tak pernah terdengar meminta dunia dalam doanya. Namun dunia dating kepadanya dalam keadaan tunduk, patuh dan halal. Seperti yang dikatakan oleh pecintanya as-syaikh Bakran rhm. :

Engkau ‘tlah keluar dari dunia
Hatimu melempar impiannya menuju penglihatan tinggi
Dunialah yang datang kepadamu dengan tunduk dan patuh
Halal, tanpa usaha dan tanpa kehinaan

Beliau menertibkan banyak pelajaran ilmiah dan ceramah-ceramah agama. Tujuannya adalah untuk menghidupkan agama, memakmurkan waktu, memanfaatkan kesempatan, menyebarkan agama, beramal baik dan mencegah kemungkaran.

Pendidikan beliau mencetak tak terhitung banyak ulama, dan orang-orang yang menguasai bahasa. Hamper semua orang yang mencapai jamannya dan lebih muda darinya menjadi muridnya. Para ulama di jamannya mengikutinya. Beliau adalah syaikh para syaikh mereka.

Beliau telah menulis beberapa surat, wasiat, kitab mauled, syair-syair, beberapa bacaan shalawat dan doa yang bermanfaat. Kata-kata dan nasehatnya tercatat dalam banyak buku. Belaiu juga mengalami kejadian yang luar biasa, kasyf dan musyahadah yang menakjubkan. Menunjukkan kejernihan hati dan cintanya yang besar kepada Tuhan.

Kitab, kata-kata, nasehat dan khutbahnya berbeda dari lainnya pada daya tariknya. Sehingga jika seseorang mendengar kata-katanya, maka ia akan mengetahui kata-kata itu terdapat daya tarik yang dasyat bagi pendengarnya. Kemudian mengalir rahasia huruf yang diucapkan sehingga member bekas di hati pendengarnya walaupun tidak memahaminya. Semua ini menunjukkan keikhlasan hati dalam berdakwah.

Ketika seseorang membaca beberapa wasiat, ijazah, nasehat, syair dan perjalanan beliau, maka akan tampak kecintaannya kepada pemimpin para rasul Muhammad SAW dan hubungannya dengan Nabi SAW. Tak akan ada keraguan bagi pembaca, bahwa beliau berbicara tentang sesuatu yang dilihatnya.

Beliau telah menulis kitab maulid yang berjudul “Simthu ad-durar”. Ketika menulis maulid ini beliau berkata : “Telah muncul di hari yang penuh dengan kebahagian, pujian untuk sebaik-baik hamba”. Kitab Maulid ini diselesaikan oleh beliau dalam beberapa kali pertemuan yang dicatat oleh muridnya. Maulid ini telah tersebar di baerbagai penjuru Negara, hingga sampai di Negara Indonesia ini dan dibaca serta dipelajari oleh banyak orang.

Beliau ra. meninggal di kota Sewun pada waktu dhuhur hari Ahad pada tanggal 20 Rabi’ Tsani 1333 H dan dikuburkan di sana. Setiap tahun banyak orang memperingati perjuangan beliau agar dapat mengikuti dapat mengikuti jejaknya. Nama beliau terus dikenang sepanjang siang dan malam, ucapan beliau bercahaya tak pernah padam.




Jangan lupa dukung Mistikus Channel Official Youtube Mistikus Blog dengan cara LIKE, SHARE, SUBSCRIBE:




Anda sedang membaca Al Habib Al-Imam Al-Allamah Ali bin Muhammad bin Husin Al-Habsyi | Silahkan Like & Follow :
| | LIKE, SHARE, SUBSCRIBE Mistikus Channel
| Kajian Sufi / Tasawuf melalui Ensiklopedia Sufi Nusantara, klik: SUFIPEDIA.Terima kasih.
Sudah berapa lama Anda menahan rindu untuk berangkat ke Baitullah? Melihat Ka’bah langsung dalam jarak dekat dan berkesempatan berziarah ke makam Rasulullah. Untuk menjawab kerinduan Anda, silahkan klik Instagram | Facebook.

Post a Comment Blogger Disqus

 
Top